Kewajiban Transaksi Nontunai di Jalan Tol bagi Semua Golongan Kendaraan

Eko Nordiansyah    •    Sabtu, 09 Sep 2017 09:11 WIB
jalan toltransaksi non tunai
Kewajiban Transaksi Nontunai di Jalan Tol bagi Semua Golongan Kendaraan
Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)

Metrotvnews.com, Jakarta: Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) menyebutkan jika kewajiban transaksi nontunai di jalan tol berlaku untuk semua golongan. Dengan begitu kendaraan jenis apapun yang masuk ke jalan tol wajib menyiapkan uang elektronik (e-money).

Kepala BPJT Herry Trisaputra Zuna mengatakan, kendaraan Golongan I seperti Sedan, Jip, Pick Up/Truk Kecil, dan Bus mungkin bisa dengan mudah bertransaksi non tunai. Maka dari itu bagi kendaraan besar Golongan II hingga Golongan IV akan dibantu oleh petugas ketika bertransaksi.

"Ada alat namanya automatic classification, jadi dia menentukan di sana. Nanti pas di ujung ada petugas yang bantu lagi kalau tertutup mengklasifikasikannya," kata dia di Kantor Pusat Jasa Marga, Plaza Tol Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur, Jumat 8 September 2017.

Dengan begitu, dirinya memastikan tak ada alasan bagi kendaraan golongan apapun untuk tidak bertransaksi nontunai. Apalagi seluruh ruas jalan tol di Indonesia akan mewajibkan pembayaran nontunainya mulai 31 Oktober.

Untuk menjamin kelancaran proses perpindahan dari transaksi tunai ke nontunai, maka BPJT akan melakukan sosialisasi lebih gencar. Bukan hanya itu, perbankan selaku penyedia e-money juga akan turut serta mensosialisasikan kewajiban nontunai di jalan tol.

"Saya ketemu perbankan, Bank Indonesia (BI), dan lain-lain rutin hampir setiap minggu (sosialisasi) dan roadshow juga. Mereka sangat concern dengan ini. Menghindari chaos kits koordinasi dengan semua, perbankan dan kami sendiri bahkan instansi yang lain," jelas dia.

Saat ini menurut data BPJT, baru sekira 30 persen dari total 5 juta transaski di jalan tol yang menggunakan e-money untuk pembayarannya. Dengan begitu masih ada 70 persen dari seluruh masyarakat pengguna jalan tol yang bertransaksi tunai.


(AHL)