Nilai Etik Good Governance Diperjelas Melalui Contoh Kepemimpinan

Eko Nordiansyah    •    Selasa, 29 Nov 2016 12:06 WIB
ojk
Nilai Etik <i>Good Governance</i> Diperjelas Melalui Contoh Kepemimpinan
Menteri Keuangan Sri Mulyani. (FOTO: MI/Panca Syurkani)

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan aturan good governance dengan menjunjung nilai etik harus diperjelas. Dengan begitu pelaksanaan daripada prinsip good governance di berbagai organisasi serta pemerintahan bisa diciptakan.

"Perlu membuktikan dengan kepatuhan dan saat mereka diuji dengan keputusan berat dan sensitif, dia bisa menggambarkan nilai-nilai tadi yang bisa menjadi contoh atau model untuk anak buahnya," kata dia di Djakarta Theater, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Selasa (29/11/2016).

Dirinya menambahkan, penerapan dengan nilai etik dengan pelaksanaan aturan dari pimpinan akan lebih mudah diikuti oleh anak buah. Hal ini, kata Sri Mulyani, akan membuat penerapan prinsip good governance semakin kuat.

Baca: OJK Dorong Nilai Etik untuk Penerapan Good Governance

Dirinya menambahkan, meski tak ada aturan yang baku mengenai penerapan prinsip good governance namun hal ini bisa dilakukan dengan contoh. Misalnya saja dengan penerapan good governance pada perusahaan dengan menjadikannya listed company sesuai amanat pemiliknya.

"Aturan corporate governance, sebetulnya kalau rule based sudah cukup banyak. Karena itu biasanya perusahaan yang sudah listed company atau go public dia ada aturannya. Kalau perusahaan tertutup tergantung oleh owners," jelas dia.

Oleh sebab itu, harus ada visi yang penting dari para pemiliki atau pengelola. Namun semua iti harus ditunjukkan untuk mewujudkan pemerintahan atau perusahaan yang mampu bertahan di tengah tantangan yang ada.

"Jadi itu akan sangat ditentukan visi dari pemiliknya di dalam membangun suatu tata kelola yang baik di perusahaannya. Perusahaan yang baik yang bisa bertahan lama yang survive biasanya owners-nya memiliki visi meletakkan fondasi tata kelola yang baik," pungkasnya.


(AHL)