Ratusan Ha Lahan Pertanian Jambi Terendam Banjir

   •    Senin, 28 Nov 2016 15:11 WIB
pertanian
Ratusan Ha Lahan Pertanian Jambi Terendam Banjir
Petani mengecek tanaman sayuran di lahan yang terendam banjir (ANTARA FOTO/Adeng Bustomi)

Metrotvnews.com, Jambi: Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan (Dispertan) Provinsi Jambi menyatakan bahwa ratusan hektare (ha) lahan pertanian di provinsi ini terendam banjir akibat tingginya curah hujan sejak tiga pekan terakhir.

Kepala Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Jambi Amrin Aziz mengatakan saat ini sedikitnya 263 ha lahan sawah, tiga ha tanaman, cabai dan 10 ha tanaman jagung siap panen sudah terendam banjir. Kondisi ini tentu sangat disayangkan.

"Jumlah itu diperkirakan akan terus bertambah seiring dengan meningkatnya intensitas hujan di wilayah Jambi. Untuk total kerugian saat ini belum kita dipastikan dan kami terus melakukan perhitungan kerugian yang dialami oleh petani," kata Amrin, seperti dikutip dari Antara, di Jambi, Senin (28/11/2016).

Lahan pertanian yang terendam banjir tersebut tersebar di sejumlah daerah seperti Kabupaten Muarojambi, Batanghari, Sarolangun, Tebo dan Kabupaten Tanjungjabung Timur.

Khusus untuk lahan persawahan, kata Amrin, total kerugian akan diumumkan setelah berkoordinasi dengan pihak asuransi, mengingat ada sejumlah kelompok tani yang mengasuransikan lahan sawahnya.

"Jika lahan yang telah terdaftar, pemerintah dapat meringankan kerugian dengan memberi ganti rugi berupa benih dan pengolahan tanah. Sedangkan untuk lahan yang tidak berasuransi akan diusahakan bantuan benih," ungkapnya.

Sedangkan besaran asuransi, Amrin mengatakan, sebesar Rp270 ribu per hektare dan dapat diklaim jika terjadi hal-hal yang mengakibatkan kerugian, seperti bencana dan kerusakan akibat hama.

 


(ABD)

Bank Mandiri Tunggu Pelunasan Utang Modern Internasional
Sevel Tutup

Bank Mandiri Tunggu Pelunasan Utang Modern Internasional

4 days Ago

Bangkrutnya usaha 7-Eleven (sevel) ditangan PT Modern Internasional Tbk (MDRN) meninggalkan ban…

BERITA LAINNYA