Diplomasi Ekonomi Dorong Ekspor Mayora ke Rusia

Ilham wibowo    •    Rabu, 06 Feb 2019 14:53 WIB
indonesia-russiamayora indah
Diplomasi Ekonomi Dorong Ekspor Mayora ke Rusia
Illustrasi. MI/RAMDANI.

Jakarta: Jalinan kerja sama perdagangan Pemerintah Indonesia dengan Pemerintah Rusia dinilai telah berkembang serta  merambah pada sektor ekonomi. Komitmen dalam meningkatkan pertumbuhan investasi dipastikan bakal terus berlanjut. 

Hal itu disampaikan Duta Besar Rusia untuk Indonesia Lyudmila Georgievna Vorobieva saat menyaksikan ekspor produk Torabika Cappucino ke Rusia di kantor Pusat Mayora Group, Jakarta. Keberhasilan ekspor  minuman kopi asli Tanah Air ini dianggap keberhasilan diplomasi ekonomi tersebut. 

"Keberhasilan Mayora di Rusia merupakan keberhasilan diplomasi ekonomi," ujar Lyudmila dalam sambutannya, Rabu, 6 Februari 2019. 

Lyudmila memastikan pihaknya membuka lebar seluruh industri di Indonesia untuk bisa berekspansi ke negaranya. Strategi yang dilakukan pun bisa meniru langkah manajemen Mayora Group. 

"Ini contoh yang boleh diikuti perusahaan Indonesia lainnya. Kegiatan Mayora melanjutkan tradisi yang sudah ada sejak abad 19. Selain kopi, Rusia juga menyukai teh, tembakau dan bumbu dari Indonesia," ungkapnya. 

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengatakan diplomasi ekonomi dengan Rusia membuka lebar peluang ekspor bagi produk Indonesia. Puluhan perjanjian dagang dengan negara lain kini bisa dimanfaatkan pelaku industri. 

"Selain diplomasi politik sudah saatnya kerja sama ditingkatkan dalam bidang ekonomi. Saya yakini produk Mayora akan disukai di Rusia, itu jadi kebanggaan kami," ungkapnya.

Presiden Direktur Mayora Group Andre Atmadja mengatakan pihaknya bakal meningkat kan dua kali lipat pengiriman produk ekspor ke Rusia. Target penjualan produk perusahaan bidang consumer goods ini pada 2019 yakni sebesar USD40 juta. 

"Pada 2019 kami targetkan ekspor ke Rusia hingga 2.000 kontainer dengan nilai USD40 juta," ujar Andre. 


(SAW)