Pemerintah Tunaikan Janji di Sektor Pertanian

Anggi Tondi Martaon    •    Selasa, 14 Nov 2017 09:07 WIB
berita kementan
Pemerintah Tunaikan Janji di Sektor Pertanian
Mentan Pertanian Andi Amran Sulaiman (Foto:Antara/Oky Lukmansyah)

Palangkaraya: Pemerintah dinilai berhasil menunaikan janji kepada rakyat Indonesia di sektor pertanian. Berbagai capaian diwujudkan dan bahkan mampu mengekspor beberapa komoditas pangan ke luar negeri.

Hal itu disampaikan oleh Menteri Pertanian (Mentan) RI Amran Sulaiman dalam rapat koordinasi pangan Membangun Padi Organik 300 Ribu Hektare, di Kalimantan Tengah. Rapat tersebut dihadiri oleh Anggota Komisi IV DPR RI Hamdani, Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran, Dandrem 102/Pjg Kolonel Arm Muhammad Naudi Nurdika, Polda Kalimantan Tengah dan seluruh Bupati dan Kepala Dinas Pertanian di Kalimantan Tengah.

"Dulu pemerintah berjanji, harus swasembada beras pada tahun ketiga. Pada tahun kedua, kita sudah swasembada beras," kata Amran, di komplek perkantoran Gubernur Kalimantan Timur, Palangkaraya, Senin 13 November 2017.

Tak hanya beras, Amran menyebutkan, beberapa komoditas lain juga mengalami peningkatan prduksi. Salah satunya jagung. "Dulu kita impor jagung dari Argentina, tapi tahun ini angka impor jagung kita nol," ungkap dia.

Selanjutnya, komoditas bawang. Selain memenuhi kebutuhan nasional, Amran mengklaim bahwa Indonesia sudah bisa mengekspor bawang ke berbagai negara. "Kemudian, cabai. Empat komoditas sudah selesai," ujarnya.

Berbagai capaian tersebut menbuat dunia internasional mulai mempercayai kemampuan agraris Indonesia. Bahkan, indeks ketahanan pangan Indonesia di skala dunia kini berada di urutan 20 besar.

"Indonesia berada di urutan 16. Mengalahkan Amerika, Tiongkok, dan India," ucap Amran.


(ROS)

Pemerintah Masih Godok Pembentukan <i>Holding</i> BUMN Jasa Keuangan

Pemerintah Masih Godok Pembentukan Holding BUMN Jasa Keuangan

4 hours Ago

Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) masih menggodok pembentukan holding BUMN di sektor …

BERITA LAINNYA