Bank Mandiri Incar Pengelolaan Keuangan di Rumah Sakit

Eko Nordiansyah    •    Senin, 08 Jan 2018 15:13 WIB
bank mandiri
Bank Mandiri Incar Pengelolaan Keuangan di Rumah Sakit
Bank Mandiri. MI/ADAM DWI.

Jakarta: PT Bank Mandiri (Persero) Tbk mengincar kerja sama untuk pengelolaan keuangan di rumah sakit. Pasalnya hingga saat ini pengelolaan keuangan di rumah sakit belum dilakukan secara maksimal karena kurangnya kemampuan untuk melakukan hal itu.

"Bisnis Bank Mandiri memang keuangan, tapi kami punya (Mandiri) Inhealth. Jadi, bisa di-link dengan bisnis anak perusahaan lainnya," kata Direktur Kelembagaan Bank Mandiri Kartini Sally di RS Pusat Otak Nasional, Jalan MT Haryono, Jakarta Timur, Senin, 8 Januari 2018.

Dirinya menambahkan melalui kerja sama dengan perbankan, rumah sakit bisa lebih fokus pada layanannya. Sementara urusan pengelolaan dana bisa dilakukan oleh perbankan, atau bahkan rumah sakit mendapatkan manfaat lain dari kerja sama dengan bank.

"Kita bantu itu (pengelolaan keuangan di rumah sakit), yang pasti turunan lainnya banyak, seperti cash management, payroll. Ini income banyak mulai dari parkir kemudian dengan sistem ini mulai dari parkir sampai rekonsiliasi kliniknya, berapa pendapatan pengeluaran bisa diketahui," jelas dia.

Dari kerja sama ini, pihak rumah sakit juga bisa mendapat perluasan manfaat dari layanan perbankan. Misalnya saja jika ingin mengajukan pinjaman untuk pengadaan alat kesehatan, maka rumah sakit yang sudah bekerja sama bisa dengan mudah mendapatkan fasilitas pinjaman.

Sementara bagi perseroan, kerja sama dengan rumah sakit dapat meningkatkan pendapatan dari sisi komisi alias fee based income (FBI) dan bisnis cash management pun terekspansi. Dana pihak ketiga (DPK) juga bisa meningkat, yakni dari para karyawan rumah sakit.

Saat ini Bank Mandiri sudah bekerja sama dengan sejumlah rumah sakit di antaranya, RS Pusat Otak Nasional (RS PON) RSCM, RSUP Fatmawati, RS Kariadi, RS Jantung Harapan Kita, RS Sardjito, RS Cicendo, RS Kanker Dharmais, dan rumah sakit lainnya yang ada di Indonesia.


(SAW)