BPS Sebut Kemiskinan di Maluku dan Papua Masih Tinggi

Suci Sedya Utami    •    Rabu, 03 Jan 2018 10:16 WIB
pertumbuhan ekonomikemiskinanbpsekonomi indonesia
BPS Sebut Kemiskinan di Maluku dan Papua Masih Tinggi
Gedung BPS (MI/Atet Dwi Pramadia)

Jakarta: Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat presentase penduduk miskin di Maluku dan Papua di perkotaan sebesar 2,15 persen dengan jumlah orang miskin mencapai 120 ribu orang.
Presentase dan jumlah penduduk miskin secara nasional memang mengalami penurunan pada September 2017, namun angka kemiskinan di daerah timur Indonesia masih sangat tinggi.

Sementara di perdesaan presentasenya mencapai 29,07 persen dengan jumlah penduduk miskin sebesar 1,40 juta orang. Pemerintah diharapkan bisa melihat kondisi ini dan segera mengambil sikap guna menekan angka kemiskinan dari waktu ke waktu.

Deputi Statistik Sosial BPS M Sairi Hasbullah mengatakan angka kemiskinan di daerah tersebut memang sebelumnya tercatat sangat tinggi. Meski demikian, angka itu sebetulnya menurun. "Penurunan angka kemiskinan itu terjadi di Papua Barat dan Maluku," kata Sairi, di Jakarta, Selasa, 2 Januari 2017.

Hanya saja, lanjut dia, saat ini daerah timur Indonesia memang belum bisa menandingi kemiskinan yang rendah seperti di Kalimantan yang memiliki tingkat kemiskinan paling rendah secara pulau. Upaya secara terus menerus harus dilakukan dengan cara meningkatkan kesejahteraan secara merata.

Lebih lanjut, harus diakui bahwa kondisi ini menjadi pekerjaan rumah mengenai bagaimana cara pemerintah berupaya lebih kuat lagi untuk mengatasi kemiskinan di daerah tersebut, dengan cara meningkatkan pendapatan bagi masyarakat yang tergolong lapisan terbawah.


(ABD)

Petaka di Gedung Bursa

Petaka di Gedung Bursa

15 hours Ago

77 orang terluka dalam insiden ambruknya selasar di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI). Polisi m…

BERITA LAINNYA