Pemkab Serang Dorong Kemudahan Permodalan UMKM

Batur Parisi    •    Senin, 07 Aug 2017 18:41 WIB
umkm
Pemkab Serang Dorong Kemudahan Permodalan UMKM
Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah (tengah). MTVN/Batur Parisi.

Metrotvnews.com, Serang: Keberadaan UMKM diharapkan bisa menurunkan angka pengangguran dan mengentaskan kemiskinan dengan memberikan peluang kerja. Untuk mendorongnya, Pemda Serang akan memberikan bantuan kemudahan permodalan.

"Pemda Serang terus mengupayakan mencari solusi tentang permodalan," kata Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah kepada awak media usai membuka acara Penyediaan sarana dan prasarana usaha mikro kecil melalui fasilitasi permodalan bagi usaha mikro kecil (UMK) di gedung Kopri Kabupaten Serang, Senin, 7 Agustus 2017.

Dirinya mengaku sudah berkomunikasi dengan Jamkrida untuk upaya  peminjaman sebesar Rp5 juta tanpa angunan. Dalam hal ini lanjut, Tatu, Pemda harus bisa menjadi penyaringnya.

"Tugas dinas disini mendata UKM mana yang benar-benar bersih, sehat dan berjalan untuk diberikan pinjaman permodalan supaya tepat sasaran. Mudah-mudahan dengan adanya Jamkrida ini bisa menjadi solusi," ungkapnya.

Tatu juga mengimbau kepada para pelaku UKM untuk melakukan usaha secara berkelompok dengan usaha sejenis dan tak kalah penting membuat koperasi sehingga ketika ada permasalahan mereka bisa berdiskusi dan tidak ditanggung sendirian.

Terkait masalah SDM, Tatu mengatakan bahwa dirinya sudah bekerja sama dengan BJB dan dinas terkait untuk melakukan pelatihan-pelatihan.

"Untuk alat-alat sudah kita siapkan namun belum sepenuhnya sebab kita terkendala dengan anggaran," ucapnya.

Untuk pemasaran, Tatu mengajak seluruh pelaku usaha melakukan pemasaran secara online.

"Kalau terus secara manual dan tradisional kita akan ketinggalan," tegasnya.


(SAW)