BI-Himbara Sediakan Penukaran Uang di 1.136 Titik Daerah Terpencil

Eko Nordiansyah    •    Rabu, 14 Jun 2017 16:41 WIB
lebaran
BI-Himbara Sediakan Penukaran Uang di 1.136 Titik Daerah Terpencil
Illustrasi. (ANT/Rosa Panggabean).

Metrotvnews.com, Jakarta: Bank Indonesia (BI) bekerja sama dengan Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) akan melaksanakan kegiatan layanan penukaran uang secara serentak di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) terutama di daerah Terpencil, Terluar, dan Terdepan pada 16-17 Juni 2017. Layanan ini dalam rangka memenuhi kebutuhan masyarakat akan uang rupiah menjelang Hari Raya Idul Fitri 1438 Hijriah.

"Layanan penukaran uang ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap uang rupiah dengan Hasil Cetak Sempurna terutama Uang Pecahan Kecil (UPK) dengan Tahun Emisi 2016," kata Direktur Eksekutif Departemen Penelolaan Uang BI Suhaedi di Gedung BI, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Rabu 14 Juni 2017.

Dengan mengoptimalkan jaringan yang dimiliki oleh Himbara, BI berkomitmen untuk menyediakan kebutuhan uang masyarakat melalui kegiatan ini. Kegiatan ini akan menjangkau 1.136 titik lokasi penukaran dari Aceh sampai dengan Papua, dengan rincian, Bank Mandiri 528 titik, BRI 303 titik, BNI 205 titik, serta BTN 100 titik. 

"Jumlah uang yang diproyeksikan untuk kegiatan selama dua hari ini adalah Rp150 miliar. Jumlah sebesar Rp150 miliar ini sudah diperhitungkan dalam proyek outflow Bank Indonesia selama periode Idul Fitri yaitu sebesar Rp167 triliun," jelas dia.

Kegiatan layanan penukaran uang secara serentak di daerah ini memang baru pertama kali dilaksanakan, namun sesuai dengan misi BI untuk memenuhi kebutuhan uang rupiah di masyarakat dengan jummlah nominal yang cukup, jenis pecahan yang sesuai, tepat waktu dan dalam kondisi yang layak edar di seluruh wilayah NKRI, maka kegiatan ini akan dilaksanakan secara sistematis, reguler, dan berkesinambungan.

"Harapannya dengan kegiatan ini, Bank Indonesa bekerjasama dengan perbankan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat dengan tingkat kualitas uang Rupiah yang terus meningkat. Selain itu juga memberikan kemudahan kepada masyarakat di seluruh Indonesia untuk dapat menukarkan uang di lokasi resmi yang disediakan oleh Bank Indonesa dan perbankan," pungkasnya.

Di samping melakukan kegiatan layanan penukaran uang ini, BI bersama dengan empat bank Himbara akan melakukan kegiatan sosialisasi. Di antaranya adalah mengenai ciri-ciri keaslian uang rupiah (CIKUR) dan Cara Merawat Uang Rupiah.



(SAW)

The Fed Naikkan Suku Bunga AS

The Fed Naikkan Suku Bunga AS

1 day Ago

Federal Reserve AS atau bank sentral AS pada akhir pertemuan kebijakan dua harinya pada Rabu wa…

BERITA LAINNYA