OJK Dorong Perbankan Sulut Himpun DPK

   •    Kamis, 20 Apr 2017 11:43 WIB
ojkperbankan
OJK Dorong Perbankan Sulut Himpun DPK
Ilustrasi OJK (MI/RAMDANI)

Metrotvnews.com, Manado: Kepala Kantor Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Sulawesi Utara, Gorontalo dan Maluku Utara (Sulutgomalut) Elyanus Pongsoda mendorong perbankan di Sulut agar terus meningkatkan penghimpunan Dana Pihak Ketiga (DPK).

"Kami mendorong perbankan Sulut menghimpun DPK karena dinilai masih sedikit jika dibandingkan dengan pemberian kredit," kata Elyanus, seperti dikutip dari Antara, di Manado, Kamis 20 April 2017.

Dia mengatakan dana murah memang sudah menjadi strategi bank untuk menghimpun dana, namun masih sangat kecil dan masih perlu didorong. Ia mengatakan karena melihat potensi yang ada di Sulut, perbankan harus lebih banyak masuk sampai ke desa-desa dalam menghimpun dana.

"Menurut laporan, di pedesaan masih banyak masyarakat yang enggan menyimpan uang ke bank, hanya disimpan dalam lemari saja," ungkapnya seraya menambahkan bahwa masih banyak peluang bagi bank untuk mendapatkan dana murah masyarakat.

Sementara itu, Kepala Bank Papua Cabang Manado Eko Budhi Ariyanto menyatakan pihaknya akan mendorong penghimpunan dana murah di 2017 ini. "Tabungan dan giro yang menjadi dana murah akan didorong, karena mampu menjaga likuiditas bank tetap stabil," jelasnya.

Karena, tambahnya, dana mahal atau deposito mengikuti bunga yang bisa saja mengalami perubahan yang tiba-tiba. Sehingga, dana murah yang besar akan menjaga dana perbankan tetap stabil.

"Kami terus melakukan edukasi dan sosialisasi di sekolah-sekolah dan pemukiman padat penduduk agar masyarakatnya memanfaatkan bank dalam menyimpan dana," pungkasnya.

 


(ABD)