Pemerintah Percepat Pembangunan Dua Bandara di Danau Toba

Dheri Agriesta    •    Selasa, 18 Oct 2016 14:46 WIB
bandara
Pemerintah Percepat Pembangunan Dua Bandara di Danau Toba
Menko Polhukam Luhut Binsar Panjaitan. Foto Antara Widodo S Jusuf.

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah mengebut pembangunan dua bandar udara yang menunjang objek wisata Danau Toba, Bandar Udara Silangit dan Bandar Udara Sibisa Toba Samosir. Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan akan menjadikan objek pariwisata Danau Toba sebagai contoh untuk lokasi wisata lain.

"Sekarang kita sedang kita kebut Danau Toba, nanti kita buat time table untuk Danau Toba, jadi bisa diterapkan juga sebagai contoh untuk Labuhan Bajo dan Mandalikan," kata Luhut di Kantor Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Selasa (18/10/2016).

Luhut mengatakan, pemerintah tengah membangun jalan tol dari Tebing Tinggi menuju Parapat. Pembangunan jalan tol diharapkan selesai tahun depan. 

Sementara itu, seluruh fasilitas Bandara Silangit, termasuk terminal bandara diharapkan dapat selesai pada 2018. Luhut menambahkan, untuk menunjang pariwisata, pemerintah juga berharap konstruksi untuk pembangunan berbagai tempat penginapan dapat mulai dikerjakan pada kuartal kedua 2017.

"Kita harap pada kuartal kedua 2019 sudah terlihat Bandara Sibisa menjadi kompleks tujuan wisata," jelas Luhut.

Tak hanya pembangunan, Luhut juga menanti kajian dari Kementerian Lingkugan Hidup dan Kehutanan terkait keramba ikan di Danau Toba. "Itu harus selesai 2018," kata Luhut.

Pemerintah menetapkan sepuluh destinasi wisata Indonesia yang wajib dikunjungi dan akan menjadi prioritas di 2016. Sepuluh destinasi wisata ini di antaranya, Danau Toba, Kepulauan Seribu, Tanjung Kelayang, Tanjung Lesung, Candi Borobudur, Gunung Bromo, Mandalika, Labuan Bajo, Wakatobi, dan Pulau Morotai.





(SAW)