Bekraf Edukasi Manajemen Keuangan ke 150 Pelaku Ekonomi Kreatif

Anwar Sadat Guna    •    Sabtu, 07 Oct 2017 10:46 WIB
ekonomi kreatif
Bekraf Edukasi Manajemen Keuangan ke 150 Pelaku Ekonomi Kreatif
Ilustrasi. (FOTO: MTVN/M. Rizal)

Metrotvnews.com, Pekanbaru: Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) memberikan pelatihan manajemen keuangan usaha kepada 150 pelaku ekonomi kreatif sebagai upaya memberi pemahaman pentingnya laporan keuangan yang bankable.

"Pelatihan manajemen keuangan usaha ini juga memberikan akses pembiayaan perbankan untuk pengembangan usaha para pelaku ekonomi kreatif, khususnya di Provinsi Riau," kata Direktur Akses Perbankan Bekraf, Restoq Kabupaten Kusuma dalam seminar Seri Kelas Keuangan bertajuk Kelas Manajemen Keuangan Usaha bagi Pelaku Ekonomi Kreatif, di Hotel Grand Jatran, Pekanbaru, Provinsi Riau, Jumat 6 Oktober 2017.

Dalam kegiatan ini, Berkraf secara khusus menghadirkan beberapa pembicara. Salah satunya, praktisi dan konsultan keuangan Ahmad Gozali. Praktisi yang juga instruktur bidang keuangan itu hadir untuk mengajarkan pelaku ekonomi kreatif membedakan keuangan pribadi dan usaha.

Selain pelatihan manajemen keuangan usaha bankable, Gozali juga memberikan praktek pembuatan laporan keuangan secara langsung kepada 150 pelaku ekonomi kreatif yang hadir.

"Pelaku ekonomi kreatif praktek langsung supaya mereka bisa menerapkan laporan keuangan yang bankable. Sehingga mereka mempunyai track record dan keuangan yang bisa digunakan dalam menentukan arah bisnis mereka," tambah Deputi Akses Permodalan Berkraf, Fadjar Hutomo.

"Para pelaku ekonomi kreatif juga dapat mengakses pembiayaan perbankan untuk ekspansi usaha," tambahnya.

Sebanyak 150 pelaku ekonomi kreatif yang hadir telah memenuhi kriteria, antara lain bisnis telah berjalan selama setahun, memiliki brand, serta memiliki keinginan untuk ekspansi usaha.

Selain Ahmad Gozali, Berkraf juga menghadirkan Prof Zulfadhil, guru besar Universitas Riau (Unri) yang menjelaskan tentang perkembangan secara umum ekonomi kreatif di Indonesia. Berkraf juga mengundang perwakilan perbankan, yakni Area Head Bank Mandiri, Kurnia Utama Hasibuan.

"Perwakilan Bank Mandiri hadir untuk menjelaskan pembiayaan dari Bank Mandiri serta persyaratan untuk mengaksesnya," tambah Restoq.

Cerita sukses bisnis Agus Pramono selaku pemilik Ayam Bakar Mas Mono dipaparkan langsung Agus untuk menginspirasi 150 pelaku ekraf yang hadir. Di acara ini, turut hadir Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Pekanbaru, Ingot Ahmad Hutasuhut.

 


(AHL)