Pertumbuhan Investasi dan Ekspor Kuartal III di Atas Ekspektasi Menkeu

Suci Sedya Utami    •    Rabu, 08 Nov 2017 15:55 WIB
ekonomi indonesia
Pertumbuhan Investasi dan Ekspor Kuartal III di Atas Ekspektasi Menkeu
Menkeu Sri Mulyani. Ant/Sigid Kurniawan.

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Keuangan Sri Mulyani gembira dengan capaian pertumbuhan ekonomi yang mengalami kenaikan di kuartal III yakni 5,06 persen. Menurut Ani sapaan akrabnya dari capaian terlihat adanya kenaikan pertumbuhan di faktor pendorong ekonomi, seperti investasi dan juga ekspor impor di atas ekspektasi.

"Dari komposisi pertumbuhan ekonomi kuartal III yang kami anggap sebagai hal yang baik adalah bahwa investasi di atas tujuh persen, itu di atas yang saya bayangkan sekitar enam persen," kata Ani di kantor pusat DJBC, Jakarta Timur, Rabu 8 November 2017.

Investasi yang tumbuh positif tersebut, kata mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini, menunjukkan momentum kepercayaan pelaku usaha pada ekonomi dalam negeri.

Dirinya berharap, momentum tersebut akan terus terjaga. Pemerintah, kata dia, akan terus menjaga kepercayaan dunia usaha di kuartal selanjutnya dan juga tahun-tahun mendatang.

Selain itu, dirinya juga takjub dengan pertumbuhan ekspor dan impor di kuartal III yang mengalami kenaikan sangat signifikan. Sebab, pemerintah memperkirakan pertumbuhan ekspor hanya 7-8 persen, namun kenyataannya hingga mencapai 17 persen.

Begitu juga untuk impor juga mengalami pertumbuhan, terutama impor bahan baku. Hal tersebut, kata Ani, menunjukkan capaian yang positif. 

"Pemerintah tetap akan menjaga agar momentum itu terus berjalan," jelas dia.





(SAW)