Himbara Siap Implementasi GPN

Eko Nordiansyah    •    Rabu, 06 Dec 2017 16:19 WIB
transaksi non tunai
Himbara Siap Implementasi GPN
Direktur Utama BTN Maryono. ANT/Prasetyo Utomo.

Jakarta: Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) mengaku siap untuk mengimplementasikan Gerbang Pembayaran Nasional (GPN). Hal ini sebagaimana ketentuan Bank Indonesia (BI) yang telah diresmikan pada Senin 4 Desember lalu.

Ketua Himbara Maryono mengatakan pihaknya akan menyesuaikan GPN yang telah diresmikan BI. Salah satunya adalah penggunaan logo GPN Garuda Merah untuk kartu debit yang diterbitkan pada tahun depan.

"Untuk GNP saya kira Himbara sudah siap. Kita terus sesuaikan untuk perubahan kartu, karena perubahan logo akan kita sesuaikan dari BI karena itu kartunya akan satu dan bisa dilakukan di semua bank termasuk Himbara," kata dia di Hotel Westin, Jalan HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Rabu, 6 Desember 2017.

Dirinya menambahkan Himbara tidak akan mengalami kendala dalam mengimplementasikan GPN. Apalagi selama ini Himbara telah melakukan kerjasama dalam bentuk sinergi jaringan mesin ATM melalui ATM Link serta EDC Link di beberapa BUMN.

"Kita juga sudah melakukan suatu pelayanan di mana sudah nontunai, misalnya adanya ATM Bersama dan kemudian e-toll. Saat ini kita akan masuk ke pembayaran GPN kita akan laksanakan program pemerintah seperti bantuan sosial (bansos), Kartu Tani dan bantuan kesejahteraan dan sebagainya ini sebagai antisipasi di dalam perubahan masyarakat," jelas dia.

Sebelumnya, BI meluncurkan GPN sebagai wujud interkoneksi antar-switching dan interoperabilitas sistem pembayaran nasional. Dengan adanya sistem ini maka masyarakat akan mendapat layanan yang lebih mudah dan murah.

Ke depannya, masyarakat akan diberikan kemudahan layanan pembayaran saat berada di merchant. Para nasabah dapat menggunakan EDC seluruh bank yang tergabung di GPN dengan angka Merchant Discount Rate (MDR) hanya sebesar satu persen.


(SAW)

The Fed Naikkan Suku Bunga AS

The Fed Naikkan Suku Bunga AS

1 day Ago

Federal Reserve AS atau bank sentral AS pada akhir pertemuan kebijakan dua harinya pada Rabu wa…

BERITA LAINNYA