Kepala Bappenas Sebut Penurunan Kemiskinan di 2017 Tertinggi

Suci Sedya Utami    •    Selasa, 09 Jan 2018 19:21 WIB
bappenas
Kepala Bappenas Sebut Penurunan Kemiskinan di 2017 Tertinggi
Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro. ANTARA FOTO Sigid Kurniawan.

Jakarta: Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) atau Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro menyatakan penurunan kemiskinan di September 2017 merupakan yang tertinggi sejak 2011.

Bambang mencoba membandingkan penurunan kemiskinan secara tahunan (year on year). Pada 2017, kemiskinan yang berhasil diturunkan sebesar 0,58 persen, yakni dengan jumlah penduduk yang miskin yang berhasil diturunkan sebayak 1,18 juta jiwa.

"Kalai dilihat perkembangan penurunan kemiskinan per tahun hanya 500 ribu jiwa. Baru di 2017 terjadi penurunan yang diluar kebiasaan," kata Bambang dalam konferensi pers membedah angka kemiskinan dan ketimpangan di Bappenas, Jakarta Pusat, Selasa, 9 Januari 2018.

Lebih jauh dirinya mengatakan, ada perbedaan ritme pada penurunan kemiskinan sebelum dan sesudah 2012. Pada 2007 hingga 2012, kemiskinan menurun lebih tajam.

Sementara setelah itu penurunan kemiskinan mulai datar atau bergerak landai. Namun demikian, dirinya berharap dengan penurunan kemiskinan tahun ini yang lebih cepat akan berlanjut di tahun-tahun mendatang.

"Mudah-mudahan penurunan kali ini membuat penurunan kemiskinan lebih pesat lagi," tandas mantan Ketua Badan Kebijakan Fiskal ini.


(SAW)


Perpres DNI Rampung Pekan Depan

Perpres DNI Rampung Pekan Depan

1 week Ago

Pemerintah mempercepat penyelesaian rancangan per-aturan presiden (Perpres) mengenai Daftar Neg…

BERITA LAINNYA