Serial Tax Amnesty : Kemana Mengajukan Tax Amnesty?

M Studio    •    Kamis, 11 Aug 2016 00:00 WIB
berita bca
Serial Tax Amnesty : Kemana Mengajukan Tax Amnesty?
Kantor pajak siap melayani permohonan peserta Tax Amnesty (Foto:Dok.BCA)

Metrotvnews.com, Jakarta: Selain payung hukum, pemerintah mempersiapkan teknis program pengampunan pajak. Pemerintah mengklaim, dari sisi teknis, kantor pajak sudah siap melayani permohonan peserta Tax Amnesty.

Layanan prima dan nyaman akan diberikan kepada para wajib pajak pemohon peserta Amnesti Pajak.  

Dalam laman resmi www.pajak.go.id, disebutkan bahwa para wajib pajak pemohon peserta Amnesti Pajak, dapat mengajukan pengampunan pajak ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP) tempat Wajib Pajak terdaftar atau tempat lain yang ditentukan oleh Menteri Keuangan dengan membawa surat pernyataan.

Kantor  Pelayanan Pajak tempat Wajib Pajak terdaftar atau tempat lain yang ditentukan oleh Menteri Keuangan juga tempat awal yang harus dituju untuk meminta penjelasan mengenai pengisian dan pemenuhan kelengkapan dokumen yang harus dilampirkan dalamSurat Pernyataan.

Direktorat JenderalPajak (DJP) Kementerian Keuangan telah melayani permohonan pengampunan pajak dari Wajib Pajak sejak Senin, 18 Juli 2016. Sebanyak 341 KPP Pratama di seluruh Indonesia telah menyiapkan meja informasi atau help desk dan loket (counter) pelayanan untuk program Tax Aamnesty.

Direktur Penyuluhan, Pelayanan dan Hubungan Masyarakat Ditjen Pajak, Hestu Yoga Saksama menyatakan, khusus di Ibukota Jakarta, jumlah KPP yang siap melayani Wajib Pajak menjalani kebijakan Pengampunan Pajak mencapai hampir 100 kantor.

Hestu menjelaskan, help desk merupakan gerbang pertama yang akan memberikan informasi kepada Wajib Pajak terkait program Pengampunan Pajak. Di sini, Wajib Pajak bisa bertanya langsung kepada petugas pajak terkait permohonan yang akan diajukan.

Selain itu, help desk juga menyediakan formulir surat pernyataan. Sesuai Undang-Undang (UU) Pengampunan Pajak, surat pernyataan minimal berisi tentang identitas Wajib Pajak, harta, utang, nilai harta bersih dan penghitungan uang tebusan atas harta yang sebelumnya belum pernah dilaporkan.
 
“Help desk akan melayani penjelasan mengenai cara-cara pengajuan, membantu cara menghitung uang tebusan, kemudian juga menyediakan formulir surat pernyataan,” ucap Hestu.

Sumber: Website Prioritas BCA


(ROS)