Pemerintah Siapkan Roadmap Tingkatkan Kapasitas Terpasang Industri Perikanan

Annisa ayu artanti    •    Senin, 19 Sep 2016 13:58 WIB
kelautan dan perikanan
Pemerintah Siapkan <i>Roadmap</i> Tingkatkan Kapasitas Terpasang Industri Perikanan
Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto (FOTO ANTARA/Akmal)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah akan segera menyiapkan peta jalan (roadmap) untuk industri perikanan supaya kapasitas terpasang industri pengolahan ikan dalam negeri mengalami peningkatan. Hal ini penting agar industri perikanan Tanah Air bisa terus tumbuh dan berkembang secara maksimal di masa mendatang.

Usai mengadiri rapat bersama dengan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto mengatakan rapat yang dijalankan tadi untuk mendengar usulan dan masukan dari pelaku usaha industri perikanan. Setelah itu baru pemerintah akan menyiapkan konsepnya.

"Kemenperin sedang menyiapkan untuk roadmap industri perikanan. Jadi tadi ketemu dengan asosiasi maupun sebagian daripada industri perikanan untuk mendengar masukan-masukan saja. Kalau konsep kita sedang persiapkan," kata Airlangga, di Kantor Kemenko Kemaritiman, Jalan MH Thamrin, Jakarta, Senin (19/8/2016).

Salah satu yang menjadi fokus pembahasan adalah bagaimana bisa meningkatkan kapasitas terpasang industri pengolahan tersebut. Namun, permasalahan dengan kapasitas terpasang itu diakui masih dalam tahap indentifikasi.

"Memang ada beberapa dari industri perikanan kapasitasnya di bawah kapasitas terpasang. Yang tentu ini kita lagi diidentifikasi," ujar Airlangga.

Sementara itu, Ketua Gabungan Pengusaha Perikanan Indonesia (Gappindo) Herwindo mengatakan, saat ini kapasitas terpasang kurang dari 50 persen. Hal itu dikarenakan kemampuan kapal yang ada sekarang ini belum bisa menampung semua.

"Sekarang ya kurang dari 50 persen. Kira-kira 30 persen. Sudah dari dulu. Kemampuan (kapal) kita segitu gitu aja," pungkas Herwindo.


(ABD)

Pascareshuffle Mau Apa? (4)

Pascareshuffle Mau Apa? (4)

1 month Ago

Republik Sentilan Sentilun malam ini bertema "Pascareshuffle Mau Apa?" menghadirkan A…

BERITA LAINNYA