Kadin Jatim Desak Pemerintah Turunkan Bunga Bank

Amaluddin    •    Selasa, 20 Sep 2016 19:20 WIB
suku bunga
Kadin Jatim Desak Pemerintah Turunkan Bunga Bank
Illustrasi. FOTO ANTARA/Audy Alwi.

Metrotvnews.com, Surabaya: Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jawa Timur mendesak pemerintah menurunkan bunga bank di Indonesia. Tujuannya agar investor dalam negeri tidak berinvestasi ke luar negeri.

"Kalau pemerintah serius ingin membangun ekonomi rakyat, maka pemerintah harus menurunkan bunga bank," kata Ketua Kadin Jatim, Basa Alim Tualeka, di kantornya Jalan Jambangan, Kebonagung, Surabaya, Selasa (20/9/2016).

Basa mengatakan, suku bunga bank di Indonesia sangat tinggi, yakni sekitar 12 hingga 14 persen. Sehingga, kata dia, pengusaha dan investor dalam negeri lebih memilih berinvestasi di luar negeri dari pada di dalam negeri.

"Harusnya, pemerintah Indonesia menurunkan suka bunga seperti negara tetangga, seperti Cina, Korea, misalnya. Suku bunga hanya 2 hingga 6 persen," jelasnya.


Caption: Ketua Kadin Jatim, Basa Alim Tualeka, saat jumpa pers di kantornya, Jalan Jambangan, Kebonagung, Surabaya, Selasa, 20 September 2016. (Metrotvnews.com/Amal).

Menurut Basa, desakan penurunan bunga bank tersebut sebagai salah satu bentuk dukungan Kadin Jatim pada penerapan amnesty pajak. Sebab, kata dia, tingginya bunga bank itu memberatkan investor, sehingga mereka lebih suka meminjam uang ke luar negeri dengan bunga bank yang lebih rendah. 

"Padahal, kalau saja Indonesia menurunkan bunga bank, Indonesia tidak perlu mendatangkan investor dari luar, cukup investor dari dalam negeri," jelasnya. 

‎ Kadin meminta pemerintah pusat meninjau ulang terkait perihal tersebut. Tujuannya agar para investor bisa menabung dan mengelola keuangannya di dalam negeri, sehingga bisa berdampak positif dalam pembangunan, penguatan UMKM, BUMD, dan BUMN.

"Kami (Kadin Jatim) bersama Kadin Pusat dalam waktu dekat ini akan mengirimkan surat kepada pemerintah pusat untuk menurunkan bunga bank di Indonesia," pungkasnya.



(SAW)

Pascareshuffle Mau Apa? (4)

Pascareshuffle Mau Apa? (4)

1 month Ago

Republik Sentilan Sentilun malam ini bertema "Pascareshuffle Mau Apa?" menghadirkan A…

BERITA LAINNYA