BTN Tunggu Penurunan Suku Bunga Acuan

Desi Angriani    •    Selasa, 08 Aug 2017 17:13 WIB
btn
BTN Tunggu Penurunan Suku Bunga Acuan
Direktur Utama BTN Maryono. (FOTO: ANTARA/Prasetyo)

Metrotvnews.com, Jakarta: PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BBTN) menunggu kebijakan Bank Indonesia (BI) untuk menurunkan suku bunga 7 Day Reverse Repo Rate yang lebih rendah dari posisi saat ini sebesar 4,75 persen.

Direktur Utama BTN Maryono menilai, rencana penurunan suku bunga acuan tersebut tepat mengingat perekonomian saat ini stabil dan inflasi juga rendah.

"Ya itu lebih bagus kalau memang situasi stabil, permintaan dan inflasi turun," katanya dalam acara developer gathering di Hotel Kempinski, Jakarta, Selasa 8 Agustus 2017.

Meski inflasi rendah dan perekonomian stabil, Bank Indonesia diminta untuk tetap mewaspadai gejolak suku bunga The Fed yang masih kemungkinan masih diturunkan lagi hingga akhir tahun.

"Bisa menjaga pengaruh global saya kira penurunan suku bunga bagus," tuturnya.

Dengan penurunan suku bunga, bank dapat mengerek lebih banyak kredit sehingga akan mempengaruhi pertumbuhan ekonomi nasional.

Sebelumnya, Bank Indonesia (BI) mencatat inflasi pada minggu ketiga Juli 2017, berada di posisi 3,84 persen, dengan posisi inflasi bulanan sebesar 0,18 persen.

Angka inflasi bulanan tersebut berdasarkan survei pemantauan harga yang dilakukan Bank Indonesia.


(AHL)