BI: Koreksi Harga Pangan Sebabkan Deflasi Lampung

   •    Rabu, 02 Aug 2017 09:45 WIB
inflasipanganbank indonesia
BI: Koreksi Harga Pangan Sebabkan Deflasi Lampung
Bank Indonesia (MI/USMAN ISKANDAR)

Metrotvnews.com, Bandar Lampung: Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Lampung mengungkapkan bahwa koreksi harga pangan dan penurunan tarif angkutan menyebabkan deflasi di daerah setempat. Diharapkan kondisi deflasi bisa memberi efek positif bagi pergerakan ekonomi di daerah setempat.

Kepala Perwaklan Bank Indonesia Provinsi Lampung Arief Hartawan mengatakan, sesuai dengan pola historisnya di Juli maka tekanan inflasi cenderung tinggi dengan rata-rata sebesar 0,90 persen dalam tiga tahun terakhir. Hal tersebut berbeda di Juli 2017, koreksi harga setelah Lebaran terjadi cukup dalam bahkan mencatat deflasi sebesar 0,09 persen (mtm).

"Deflasi tersebut merata di dua kota perhitungan inflasi di Lampung, yakni Kota Bandar Lampung minus 0,09 persen dan Kota Metro minus 0,07 persen sehingga menjadi salah satu kota dengan inflasi yang cukup rendah di Indonesia," katanya, seperti dikutip dari Antara, Rabu 2 Agustus 2017.

Ia menyebutkan terjadinya deflasi pada Juli 2017 terutama disebabkan oleh penurunan tarif pada kelompok administered prices dan koreksi harga pangan. Kelompok tersebut pada Juli mencatat deflasi sebesar 0,81 persen (mtm) yang disebabkan oleh koreksi tarif angkutan antarkota usai Lebaran dengan sumbangan deflasi sebesar minus 0,23 persen.

Penurunan tarif pada kelompok administred price tidak terjadi pada semua moda transportasi, bahkan untuk tarif angkutan udara pada bulan ini mengalami kenaikan dengan sumbangan inflasi sebesar 0,06 persen di Kota Bandarlampung.

Kenaikan tarif angkutan udara tersebut antara lain disebabkan oleh tingginya permintaan masyarakat di periode arus balik Lebaran. Sementara di Kota Metro, kenaikan tarif rokok, baik untuk jenis kretek maupun kretek filter masih menjadi penyumbang inflasi yang cukup besar.

"Tetap terkendalinya inflasi sampai dengan Juli 2017 tersebut didukung oleh sinergitas antara Tim Pengendalian Inflasi Daerah dan Satgas pangan yang secara konsisten berupaya mengendalikan inflasi," pungkasnya.


(ABD)

The Fed Naikkan Suku Bunga AS

The Fed Naikkan Suku Bunga AS

1 day Ago

Federal Reserve AS atau bank sentral AS pada akhir pertemuan kebijakan dua harinya pada Rabu wa…

BERITA LAINNYA