Bonus Demografi Harus Diimbangi dengan Kenaikan Kualitas Penduduk

   •    Minggu, 16 Jul 2017 21:16 WIB
pertumbuhan penduduk
Bonus Demografi Harus Diimbangi dengan Kenaikan Kualitas Penduduk
Illustrasii. MI/ROMMY PUJIANTO

Metrotvnews.com, Palembang: Bonus demografi yang diperkirakan bakal terjadi pada 2025-2030 hanya dapat diraih dengan meningkatkan kualitas penduduk. Hal ini disampaikan Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional Provinsi Sumatera Selatan Waspi.

Menurut Waspi, bonus demografi adalah kesempatan untuk menjadikan Indonesia lebih sejahtera dengan kondisi jumlah penduduk usia produktif mencapai 70 persen dari komposisi penduduk, sedangkan yang tidak produktif (usia 0-14 tahun dan 65 tahun ke atas) mencapai 30 persen.

baca : Hadapi Bonus Demografi, Kadin: Tingkatkan Kualitas SDM
 
"Namun bonus ini dapat lewat begitu saja jika penduduk usia produktif tidak berkualitas," kata Waspi dikutip dari Media Indonesia, Minggu 16 Juli 2017.
   
Ia mengatakan, peningkatan kualitas penduduk ini harus dibarengi dengan penerapan pembangunan berwawasan kependudukan. Pada 2030, Indonesia disebut-sebut bakal memiliki generasi emas asalkan menyiapkan generasi muda sejak kini.
 
Namun, jika berbagai pihak terkait tidak peduli, maka bonus ini sejatinya menjadi bencana, sehingga mulai saat ini semua rencana pemerintah harus berwawasan kependudukan agar tepat sasaran.
 
"Kami terutama mengingatkan kepada pemerintah di daerah untuk menerapkan perda-perda berwawasan kependudukan termasuk kebijakan-kebijakan yang kerap dikeluarkan bupati dan wali kota," kata dia pula.

 


(SAW)