BNI Pastikan Tidak Ada Perubahan RBB

Eko Nordiansyah    •    Kamis, 15 Jun 2017 07:45 WIB
bni
BNI Pastikan Tidak Ada Perubahan RBB
Logo BNI (FOTO ANTARA/Andika Wahyu)

Metrotvnews.com, Jakarta: PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BBNI) atau BNI memastikan tidak akan akan revisi terkait Rencana Bisnis Bank (RBB) di 2017 ini. Target yang dipatok perseroan masih sama seperti yang dibidik pada RBB yang sudah diajukan pada awal tahun ini.

"Target awal kan kita loan growth 15 sampai 17 persen. Untuk funding itu 14 hingga 15 persen. Jadi enggak ada perubahan," kata Corporate Secretary BNI Ryan Kiryanto, di Kantor Pusat BNI, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat, Rabu 14 Juni 2017.

Dirinya menambahkan, hingga pertengahan tahun ini target tersebut mengarah ke batas bawah dari yang ditargetkan. Namun baik pertumbuhan kredit maupun penghimpunan Dana Pihak Ketiga (DPK) masih berpotensi mencapai level tertingginya.

"Sampai saat ini saya melihatnya sepertinya di level bawahnya. Tapi kalau anggaran pemerintah terserap lagi dan enggak ada pemangkasan kita optimistis di batas atasnya," jelas dia.

Dengan bergantung pada belanja pemerintah, Kiryanto meyakini, jika kredit akan ditopang oleh penyaluran ke sektor prioritas pemerintah, di antaranya adalah pembangunan jalan tol serta elektrifikasi untuk pembangunan power plan.

Sementara itu, untuk rasio kredit bermasalah atau Non Performing Loan (NPL) diyakini akan terus mengalami perbaikan. Saat ini NPL BNI sekira 2,9 hingga 3,0 persen, sehingga ke depan ditargetkan NPL bisa berada pada level di bawah tiga persen.

"Masing-masing bank punya strategi men-tackle NPL, maka yang baik adalah apabila ada indikasi pemburukan aset kredit segera dilakukan restukturisasi. Jadi jangan tunggu jatuh atau downgrade baru direstrukturisasi," pungkasnya.


(ABD)

The Fed Naikkan Suku Bunga AS

The Fed Naikkan Suku Bunga AS

3 days Ago

Federal Reserve AS atau bank sentral AS pada akhir pertemuan kebijakan dua harinya pada Rabu wa…

BERITA LAINNYA