BI Nilai Kenaikan the Fed tak Berdampak ke Suku Bunga Deposito

Eko Nordiansyah    •    Kamis, 15 Jun 2017 18:15 WIB
the fed
BI Nilai Kenaikan the Fed tak Berdampak ke Suku Bunga Deposito
Ilustrasi Bank Indonesia (BI) MI/Usman Iskandar.

Metrotvnews.com, Jakarta: Bank Indonesia (BI) menilai jika kenaikan suku bunga oleh the Fed sudah diantisipasi oleh pasar internasional. Dengan begitu tekanan yang muncul di pasar tidak terlalu besar.

Asisten Gubernur Kepala Departemen Kebijakan Ekonomi dan Moneter BI, Dody Budi Waluyo mengatakan, dampak itu telah diantisipasi sehingga tidak menimbulkan gejolak yang besar.

"Rupiah hari ini, kemungkinan pada tren yang masih apresiatif. Maka kami tidak juga perlu antisipasi berlebih karena semua itu sudah kami kalkulasi sejak awal," ujarnya di Gedung BI, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis 15 Juni 2017.

Dirinya menambahkan, akibat kenaikan Fed Fund Rate ini tidak langsung berdampak pada kenaikan suku bunga deposito. Namun kenaikan ini akan berdampak kepada ketersediaan likuiditas di pasar keuangan.

"Itu lebih ke faktor likuiditas di pasar. Sepanjang likuiditas cukup dan tidak ada persepsi negatif terhadap perekonomian kita. Maka distribusi likuiditas akan lebih merata," jelas dia.

Meski begitu, BI memastikan jika ketersediaan likuiditas tetap merata sehingga kecenderungan kenaikan suku bunga deposito di antara bank akan sama. Sementara itu, suku bunga kredit suku bunga juga ditaksir tak akan terlalu berpengaruh.

"Begitu juga dengan suku bunga kredit sepanjang saat ini tekanan terhadap inflasi belum ada dan kurs stabil dan kebutuhan pendanaan masih seperti kalkulasi kami maka suku bunga kredit tidak ada perubahan signifikan," pungkasnya.

Data BI pada Mei suku bunga kredit sudah turun sebesar sembilan basis poin (bps). Sejak Januari 2016 hingga Mei 2017 suku bunga kredit sudah turun satu persen. Sedangkan suku bunga deposito pada periode tersebut sudah turun 139 bps.


(SAW)

The Fed Naikkan Suku Bunga AS

The Fed Naikkan Suku Bunga AS

3 days Ago

Federal Reserve AS atau bank sentral AS pada akhir pertemuan kebijakan dua harinya pada Rabu wa…

BERITA LAINNYA