Pertumbuhan Startup di Sektor Perikanan Belum Maksimal

Kautsar Widya Prabowo    •    Kamis, 05 Jul 2018 07:01 WIB
perikanankelautan dan perikanan
Pertumbuhan <i>Startup</i> di Sektor Perikanan Belum Maksimal
Ilustrasi (ANTARA FOTO/Makna Zaezar)

Jakarta: Pertumbuhan startup di bidang perikanan belum maksimal seperti perkembangan startup di sektor transportasi. Hal tersebut tentu disayangkan dan perlu didukung lebih maksimal lantaran industri perikanan di Tanah Air memiliki potensi besar sejalan dengan luasnya wilayah laut.

Chief Product Officer (CPO) GrowPal Paundra Noorbaskoro tidak menampik sektor perikanan belum dioptimalkan. Padahal, ia menilai, sektor perikanan memiliki peluang bisnis yang potensial. Perlu ada upaya bersama untuk mendukung pertumbuhan sektor perikanan di Indonesia termasuk meningkatkan daya saing.

"Kalau bertumbuh iya, tapi berkembang belum tentu. Karena sekarang startup banyak muncul, tapi belum banyak yang mengedukasi masyarakat mengenai kekuatan maritim Indonesia," ujarnya, di Jakarta Convention Center (JCC), Rabu, 4 Juli 2018.

Menurutnya penting untuk masyarakat mengetahui lebih dalam mengenai sejarah dan potensi dalam mengelola hasil kekayaan laut Indonesia. "Belum menjadi kesadaran penuh bahwasanya potensi laut Indonesia itu bisa diandalkan," tuturnya.

Meski demikian, tambahnya, berkembangnya startup di sektor perikanan hanya persoalan momentum. Ke depan, ia berharap, tumbuhnya startup di sektor perikanan tidak dianggap sebagai persaingan tapi dijadikan momentum untuk berkolaborasi memaksimalkan potensi perikanan Indonesia yang sangat besar.

"Hasilnya kita sama-sama membantu meningkatkan produksi perikanan yang berkuantitas dan berkualitas," tutupnya.

 


(ABD)


Merpati akan Beroperasi Lagi 2019

Merpati akan Beroperasi Lagi 2019

7 hours Ago

PT Merpati Nusantara Airlines (Persero) yang sejak 1 Februari 2014 berhenti beroperasi akibat k…

BERITA LAINNYA