Pemerintah Dianggap Abai terhadap Dampak Kemajuan Teknologi

   •    Selasa, 01 May 2018 13:28 WIB
teknologi
Pemerintah Dianggap Abai terhadap Dampak Kemajuan Teknologi
Taksi Online. Dok: ANT.

Jakarta: Serikat Pekerja Media dan Industri Kreatif untuk Demokrasi (Sindikasi) menyoroti dampak peralihan teknologi ekonomi digital pada pekerja serta kesehatan dan keselamatan kerja (K3).

"Pemerintah tidak memiliki skema mitigasi dalam menghadapi peralihan teknologi berbentuk robotisasi pada sejumlah sektor industri," kata Ketua Sindikasi Ellena Ekarahendy di sela-sela aksi Hari Buruh Internasional 2018 dikutip dari Antara, Selasa, 1 Mei 2018.

Ellena mengatakan pemutusan hubungan kerja massal yang terjadi di sektor industri elektronik, perbankan, dan lainnya diikuti oleh pelanggaran prosedur seperti intimidasi dan pesangon yang tidak dibayarkan. Begitu pula dengan pekerja yang bekerja di ekosistem digital seperti pengemudi ojek daring yang tidak lepas dari permasalahan ketenagakerjaan akibat sistem ekonomi digital.

"Salah satu yang paling terasa adalah hubungan eksploitatif antara pengemudi ojek daring dengan perusahaan aplikator raksasa. Meskipun berbalut kemitraan, para pengemudi tidak memiliki kuasa menentukan tarif, sanksi dan aturan lainnya," tuturnya.

Karena itu, bersama anggota dan jaringan organisasi yang berhaluan sama, SINDIKASI melakukan aksi turun ke jalan untuk memperingati Hari Buruh Internasional 2018.

Sindikasi juga mengajak seluruh pekerja media dan industri kreatif baik yang berstatus pekerja tetap, pekerja lepas, pekerja paruh waktu, konsultan, pekerja magang, dan lain-lain untuk bergabung dalam Sindikasi sebagai wadah kolektif perjuangan bersama.


(SAW)