Cegah Penipuan Belanja Daring dengan Cekrekening.id

   •    Kamis, 13 Sep 2018 16:43 WIB
penipuane-commerce
Cegah Penipuan Belanja Daring dengan Cekrekening.id
Ilustrasi. (Foto: MI/Arya Manggala)

Jakarta: Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) memberi perhatian serius pada kejahatan penipuan. Khususnya kasus belanja atau transaksi yang dilakukan secara daring.

Melalui laman Cekrekening.id, setiap konsumen bisa mengecek apakah nomor rekening penjual dapat dipercaya atau justru pernah melakukan penipuan terkait belanja daring.

"Cekrekening.id bisa mengecek apakah rekening tersebut terlibat penipuan atau tidak. Tinggal masuk ke laman lalu masukkan nama bank dan nomor rekening. Dari situ bisa terkonfirmasi," ujar Kabiro Humas Kemenkominfo Ferdinand Setu melalui sambungan Skype dalam Selamat Pagi Indonesia, Kamis, 13 September 2018.

Tak hanya mengecek, Cekrekening.id juga mengakomodasi masyarakat untuk melaporkan nomor rekening yang diduga melakukan penipuan.

Fitur pelaporan dalam Cekrekening.id cenderung lebih kompleks karena membutuhkan identitas dan barang bukti berupa tangkapan layar percakapan, bukti transaksi atau pembayaran, sampai dengan kronologis kejadian.

"Sampai saat ini lebih dari 30 ribu rekening dilaporkan ke Cekrekening.id. 90 persen pelaporan masuk ke kasus penipuan online," kata dia.

Ferdinand mengatakan pihaknya bekerja sama dengan bank dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebagai pengawas untuk memastikan pelaporan masyarakat ditindaklanjuti.

Ketika sebuah nomor rekening terindikasi melakukan penipuan pihaknya dapat segera memblokir nomor rekening yang dilaporkan bahkan meminta Bareskrim Polri untuk melakukan penyelidikan dan penyidikan.

"Kami punya waktu 3x24 jam untuk memproses. Kalau terindikasi rekening bisa dibekukan bahkan naik ke tahap penyidikan," jelas dia.


(MEL)


Merpati akan Lunasi Utang Usai Maskapai Beroperasi

Merpati akan Lunasi Utang Usai Maskapai Beroperasi

1 day Ago

Merpati Nusantara Airlines berjanji akan melunasi utang dan pesangon mantan karyawannya. Janji …

BERITA LAINNYA