BRI Genjot UMKM Naik Kelas

   •    Jumat, 28 Sep 2018 13:54 WIB
bri
BRI Genjot UMKM Naik Kelas
Ilustrasi hasil kerajinan UMKM. (FOTO: Medcom.id/Eko Nordiansyah)

Sukoharjo: PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk mendorong usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) agar naik kelas dengan meluncurkan program inkubasi bisnis untuk UMKM yang diberi nama BRIncubator.

"Program inkubasi ini tujuannya agar UMKM naik kelas, misalnya sebelumnya jadi nasabah KUR kemudian jadi nasabah Kupedes, naik lagi jadi nasabah kredit komersial, dan naik lagi jadi pengusaha konglomerat," kata Direktur Mikro dan Kecil BRI Priyastomo di sela peluncuran BRInkubator di Hotel Best Western Solobaru Kabupaten Sukoharjo, seperti dikutip dari Antara, Jumat, 28 September 2018.

Menurut dia, program inkubasi yang fokus kepada pelaku UMKM sektor pariwisata, pertanian subsektor kuliner, fesyen, dan kriya ini bertujuan memodernisasi UMKM agar berbasis teknologi dan dapat menciptakan teknopreneur di seluruh pelosok Indonesia.

Ia mengatakan dalam data yang disampaikan Menko Perekonomian peranan usaha mikro terhitung cukup besar, yaitu mencapai 99 persen terhadap pertumbuhan nasional. Untuk penyerapan tenaga kerja sektor tersebut mencapai 97 persen dan memberikan sumbangan terhadap produk domestik bruto sebesar 60,34 persen.

"Oleh karena itu, peran UMKM menjadi hal yang fundamental dan merupakan isu strategis sehingga kami meluncurkan BRInkubator ini," tambah dia.

Ia berharap BRInkunator bisa meningkatkan kapasitas dan kapabilitas UMKM yang fokus pada ekspor. Dengan begitu, diharapkan pula pelaku usaha mampu menghasilkan produk yang bagus, efisien, bisa dijual nasional maupun global.

Ia mengatakan untuk tahap pertama BRIncubator akan melibatkan 500 UMKM di lima kota terpilih yaitu Solo, Makassar, Bandung, Malang, dan Padang. Ke depan, program ini akan diperluas sehingga dapat menjangkau lebih banyak peserta dan kota di seluruh wilayah Indonesia.

"Pada tahap akhir program BRIncubator akan dipilih 30 UMKM di program inkubasi dan 30 UMKM di program akselerasi. Selanjutnya tiga UMKM terbaik akan mendapatkan hadiah berupa award untuk pengembangan usahanya," tambah dia.

Ia mengatakan setelah program tersebut selesai para pelaku UMKM akan tetap didampingi oleh BRI melalui 53 Rumah Kreatif BUMN Bank BRI yang telah tersedia di berbagai kota di Indonesia.

"Pada prinsipnya melalui program inkubasi ini, kami mengharapkan kontribusi positif dari seluruh pihak untuk bisa bersinergi memajukan para pelaku UMKM Indonesia agar siap bersaing di kancah global pada era digital," jelasnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Bagian Pengawasan Industri Keuangan Non Bank, Pasar Modal, Edukasi dan Perlindungan Konsumen Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Surakarta Tito Adji Siswantoro menyambut baik program BRI tersebut.

"Kami menyambut baik karena artinya BRI telah membantu perkembangan UMKM. Dengan demikian UMKM yang selama ini hanya bermain di pasar lokal, diharapkan bisa go internasional," pungkas dia.

 


(AHL)