BI Telah Salurkan Uang Tunai Rp187,8 Triliun

Eko Nordiansyah    •    Jumat, 08 Jun 2018 19:20 WIB
bank indonesiapenukaran uang
BI Telah Salurkan Uang Tunai Rp187,8 Triliun
Ilustrasi. (FOTO: Antara/Zabur Karuru)

Jakarta: Bank Indonesia (BI) menyebut uang tunai yang telah disalurkan mencapai Rp187,8 triliun. Untuk periode Ramadan-Lebaran tahun ini, BI menyediakan Rp188,2 triliun atau meningkat 15,3 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya Rp163,2 triliun.

"Ini adalah hari terakhir untuk penukaran, siang ini sudah keluar Rp187,8 triliun sudah hampir 100 persen," kata Deputi Gubernur BI Rosmaya Hadi di Gedung BI, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Jumat, 8 Juni 2018.

Dirinya menambahkan peningkatan jumlah uang yang disediakan BI karena libur lebaran yang lebih panjang. Tak hanya itu, bank sentral telah mengerahkan kantor bank, kas keliling, hingga kas titipan untuk menyalurkan uanh tunai.

Sejak 14 Mei lalu, lanjut Rosmaya, BI telah membuka 2.076 titik penukaran uang si seluruh kantor perwakilan di Indonesia. Untuk wilayah Jabodetabek saja ada 160 titik lokasi penukaran yang dibuka.

"Kita juga menggunakan seluruh moda transportasi, seperti angkutan udara, laut dan darat. Ini agar uang tunai bisa sampai ke masyarakat dalam jumlah yang cukup," jelas dia. 

Lebih lanjut, Rosmaya mengimbau agar masyarakat tak perlu khawatir akan kekurangan uang tunai selama libur Lebaran. BI bekerja sama dengan perbankan akan memastikan uang tersedia dalam jumlah yang cukup sesuai dengan kebutuhan.

Selain itu, BI juga mengimbau masyarakat untuk berhati-hati dan waspada dengan peredaran uang palsu. Masyarakat diminta selalu ingat dengan 3D yakni dilihat, diraba, diterawang, serta mengetahui ciri-ciri keaslian rupiah.

 


(AHL)


Solusi Rangkap Jabatan BP Batam Dinilai Melanggar UU

Solusi Rangkap Jabatan BP Batam Dinilai Melanggar UU

11 hours Ago

Keputusan pemerintah melebur BP Batam ke Pemerintah Kota Batam mendapat respons dan tanggapan b…

BERITA LAINNYA