Harga Batu Bara Pengaruhi Harga Properti Residensial Balikpapan

Annisa ayu artanti    •    Kamis, 09 Aug 2018 20:16 WIB
batu bara
Harga Batu Bara Pengaruhi Harga Properti Residensial Balikpapan
Batu Bara. Dok : MI.

Jakarta: Bank Indonesia (BI) mencatat dalam Survei Harga Properti Residensial (SHPR) kuartal II-2018 harga penjualan properti di Balikpapan bergantung pada harga batu bara dan aktivitas pertambangan.

Direktur Departemen Statistik Bank Indonesia Gantiah Wuryandari menyebut kondisi tersebut sebagai fenomena yang menarik. Gantiah menjelaskan, ketika harga komoditas batu bara terpuruk di 2016 minat masyarakat Balikpapan untuk membeli properti menurun.

"Balikpapan juga terjadi fenomena menarik karena Balikpapan dikelilingi oleh sumber-sumber pertambangan khusnya batu bara. Dimana sebelumnya, sejak 2016 mengalami keterpurukan dengan menurunya harga batu bara," kata Gantiah di Gedung Bank Indonesia, Jakarta, Kamis, 9 Agustus 2018.

Saat ini, ketika harga batu bara sudah membaik minat masyarakat berpotensi akan meningkat. Diprediksi minat masyarakat membeli properti akan meningkat sejalan dengan pendapatan masyarakat yang terdongkrak harga batu bara.

"Sekarang sudah mulai rebound kembali harga batu bara, sehingga ada potensi pendapatan dari masyarakat," ujar dia.

Namun dari sisi penjualan, saat ini harga properti di Balikpapan justru mengalami penurunan. Hal itu karena kebanyakan pengembang membangun properti ketika harga komoditas sedang turun. Sehingga yang terjadi saat ini jumlah properti berlebih.

"Namun demikian kenapa di Balikpapan harganya menurun? Karena stok pengembang dari properti yang sudah dibangun cukup banyak pada saat penurunan akibat harga-harga komoditas batu bara menurun. Jadi ini saatnya untuk menjual stok-stok mereka yang sudah menumpuk itu antara lain dengan cara diskon," tutup dia.


(SAW)


Perpres DNI Rampung Pekan Depan

Perpres DNI Rampung Pekan Depan

1 week Ago

Pemerintah mempercepat penyelesaian rancangan per-aturan presiden (Perpres) mengenai Daftar Neg…

BERITA LAINNYA