KPPP Timika Layani Amnesti Pajak hingga Sabtu dan Minggu

   •    Kamis, 16 Mar 2017 09:42 WIB
tax amnesty
KPPP Timika Layani Amnesti Pajak hingga Sabtu dan Minggu
Ilustrasi (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Metrotvnews.com, Timika: Kantor Pelayanan Pajak Pratama (KPPP) Timika, Papua, membuka pelayanan pengampunan pajak atau amnesti pajak kepada para wajib pajak yang ingin mendeklarasikan hartanya hingga hari Sabtu dan Minggu.

Kepala KPP Pratama Timika Hadi Susilo melalui Kepala Seksi Pengawasan dan Konsultasi III Hartanto mengatakan pelayanan wajib pajak pada Sabtu dan Minggu dilakukan setengah hari. Setiap Sabtu, pelayanan KPPP Timika dibuka mulai pukul 08.00 WIT hingga pukul 14.00 WIT. Sedangkan pada Minggu pelayanan dibuka mulai pukul 12.00 WIT hingga pukul 16.00 WIT.

"Sampai sekarang kami terus membuka pelayanan kepada para wajib pajak yang ingin mengambil bagian dalam program amnesti pajak. Bahkan Sabtu dan Minggu juga kami buka pelayanan," jelasnya, seperti dikutip dari Antara, Kamis 16 Maret 2017.

Hartanto mengatakan sebagian besar wajib pajak di Timika yang mengikuti program amnesti pada periode pertama dan kedua yaitu periode Juli-September 2016 dan periode Oktober-Desember 2016 merupakan wajib pajak orang pribadi yaitu para pengusaha (prominen).

"Untuk periode pertama dan kedua cukup bagus. Tapi untuk periode ketiga ini trennya menurun. Mungkin karena sebagian besar sudah mengikuti pada periode pertama dan kedua. Apalagi potensi penerimaan negara dari amnesti pajak di Timika tidak sebesar di KPP Pratama daerah lain seperti Jayapura dan Sorong," jelas Hartanto.

Meski demikian, pihak KPP Pratama Timika terus memberikan sosialisasi kepada para wajib pajak yang memiliki beban tunggakan pajak di masa lalu maupun yang belum mendeklarasikan seluruh hartanya agar dapat mengikuti program pengampunan pajak yang dianjurkan pemerintah.

Namun keputusan untuk mengikuti atau tidak mengikuti program amnesti pajak sepenuhnya merupakan pilihan para wajib pajak itu sendiri. "Ada beberapa mekanisme yang ditempuh wajib pajak agar kewajiban pajaknya berjalan baik, salah satunya mengikuti program amnesti pajak," pungkasnya.

 


(ABD)