Menkeu dan Melinda Gates Bahas Peluang dari Kemajuan Teknologi

Suci Sedya Utami    •    Kamis, 11 Oct 2018 13:50 WIB
sri mulyaniekonomi digitalIMF-World Bank
Menkeu dan Melinda Gates Bahas Peluang dari Kemajuan Teknologi
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati (kiri), Melinda Gates (kanan) -- Foto: dok Kementerian Keuangan

Nusa Dua: Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dan pendiri Bill & Melinda Gates Foundation, Melinda Gates menyepakati kemajuan teknologi sebagai sebuah peluang bukan ancaman.

Ani sapaan Sri Mulyani menegaskan revolusi teknologi yang terjadi menawarkan peluang sekaligus tantangan. Karenanya, kemajuan teknologi harus dipandang sebagai cara baru dalam meningkatkan kesejahteraan orang banyak.

"Termasuk mereka yang tinggal di negara sedang berkembang. Sekarang tinggal bagaimana untuk memastikan agar teknologi bermanfaat untuk pertumbuhan yang inklusif,” ujar Ani dalam diskusi bertajuk Policies for Harnessing Technology for Growth di Ruang Nusantara, BICC Nusa Dua, Bali, Kamis, 11 Oktober 2018.

Menurut Ani, negara dengan ekonomi yang sedang berkembang harus mampu beradaptasi dengan disrupsi teknologi. Di Indonesia misalnya, teknologi digital telah menghubungkan sektor ekonomi informal dengan sektor ekonomi formal.

"Negara ini masih dalam kategori pendapatan menengah dan kita punya unicorn yang cukup mapan, ini kesempatan untuk memanjat teknologi dan menciptakan kesempatan," ungkapnya.

Sementara itu, Melinda Gates mengatakan dirinya bersama Sri Mulyani membentuk sebuah komisi yang disebut Komisi Pathways. Komisi tersebut bertujuan untuk menyebarluaskan manfaat positif dari teknologi.

“Kami sekarang sangat senang berbicara dengan Gojek, tidak hanya pengemudi, tapi juga pedagang. Saya ingin menyampaikan bahwa peluang dari transformasi digital ini sangat menjanjikan," ujar istri Bill Gates ini.

Kemajuan teknologi akan mampu mendorong perubahan struktural dalam perekonomian serta menciptakan efisiensi. Menciptakan peluang-peluang baru dalam ekonomi global hingga menghasilkan cara baru bagi pemerintah dalam berinteraksi dengan masyarakat.

Dalam diskusi ini, terungkap berbagai risiko dan tantangan terhadap kemajuan teknologi, sekaligus peluang-peluang yang bisa diciptakan. Sejumlah risiko dan tantangan antara lain, ancaman kehilangan pekerjaan, investasi baru pemerintah untuk memenuhi kebutuhan teknologi.


(Des)


Solusi Rangkap Jabatan BP Batam Dinilai Melanggar UU

Solusi Rangkap Jabatan BP Batam Dinilai Melanggar UU

1 day Ago

Keputusan pemerintah melebur BP Batam ke Pemerintah Kota Batam mendapat respons dan tanggapan b…

BERITA LAINNYA