Pekan Depan

ATR akan Serahkan Rancangan Perpres Pembentukan Bank Tanah ke Kemenko Perekonomian

Suci Sedya Utami    •    Rabu, 17 May 2017 19:54 WIB
bank tanah
ATR akan Serahkan Rancangan Perpres Pembentukan Bank Tanah ke Kemenko Perekonomian
Menteri ATR Sofyan Djalil. (MI/PANCA SYURKANI).

Metrotvnews.com, Jakarta: Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR) tengah memfinalkan draf atau rancangan peraturan presiden (Perpres) bank tanah.

Menteri ATR Sofyan Djalil mengatakan pihanya menyiapkan draf rancangan Prespres untuk kemudian diberikan ke Menko Perekonomian Darmin Nasution pekan depan.

"Untuk bank tanah, minggu depan kita kirimkan (ke Menko)," kata Sofyan ditemui di Kemenko Perekonomian, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Rabu 17 Mei 2017.

Dia bilang setelah diberikan ke Darmin, draf akan dibahas dengan seluruh pihak terkait di level rapat koordinasi dengan Menko serta diharapkan akan disepakati untuk kemudian diteruskan ke Presiden.

"Mudah-mudahan dalam dua minggi akan ada rapat koordinasi untuk menyetujui," jelas dia.

Kementerian ATR berharap payung hukum mengenai pembentukan badan pengelola Bank Tanah dapat terbit pada Agustus 2017.

"Kami harapkan tiga bulan setelah disampaikan ke Menko (dapat diterbitkan). Nantinya, badan pengelola bank tanah akan menjadi land keeper, land purchaser, dan land distributor. Tata kelolanya adalah badan layanan umum," kata Tenaga Ahli Menteri ATR Himawan Arif Sugoto.

Nantinya Bank Tanah tersebut akan berbentuk seperti Badan Layanan Umum (BLU). Setelah resmi beroperasi, Bank Tanah akan menginventarisir sumber lahan di Indonesia yang dapat dijadikan aset bank tanah. Aset Bank Tanah dapat berasal dari hasil akuisisi, maupun menghimpun dari aset milik pemerintah.

(SAW)