Kenaikan Harga Tiket Pesawat Sumbang Inflasi 0,2% di Pontianak

Agung Widura    •    Selasa, 13 Jun 2017 18:50 WIB
inflasi
Kenaikan Harga Tiket Pesawat Sumbang Inflasi 0,2% di Pontianak
Garuda Indonesia MI/Amiruddin Abdullah Reubee.

Metrotvnews.com, Pontianak: Pemkot Pontianak memprediksi akan adanya kenaikan inflasi menjelang hari raya Idul Fitri mendatang.  

Kenaikan inflasi ini, diungkapkan Wakil Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono. Dia memprediksi inflasi kota Pontianak menjelang hari raya Idul Fitri mendatang dipengaruhi oleh kenaikan harga tiket jasa transportasi.

Dikatakan olehnya, harga tiket pesawat saat arus mudik cenderung akan melonjak tajam seiring dengan banyaknya masyarakat yang hendak datang maupun pergi ke luar kota Pontianak yang  menggunakan maskapai penerbangan.

"Dua minggu ke depan inflasi dipengaruhi harga tiket saja diprediksi akan naik 0,2 persen, kalau makanan atau bahan pangan tidak terpengaruh karena semua dipatok," kata Edi Rusdi Kamtono, saat membagikan paket pasar murah, Selasa 13 Juni 2017.

Edi juga merincikan jika pun akan ada kenaikan inflasi maka tidak terlalu signifikan. Ini berkaca dengan kenaikan inflasi pada tahun-tahun sebelumnya di Kota Pontianak.

"Untuk penurunan harga tiket kita (pemkot) tidak bisa menahan karena adanya prinsip ekonomi, semakin banyaknya jumlah penumpang maka semakin mahal tiket tersebut," tuturnya.

Pemerintah kota Pontianak, saat ini terus menjaga ketersediaan bahan pangan saja agar tidak menyumbang angka inflasi.

"Kita akan jaga stok saja, seperti operasi pasar, biar harga tidak bergejolak terlalu tinggi," tambahnya.


(SAW)