Dirut Nyonya Meneer Akui Rachmat Gobel Bantu Restrukturisasi Utang

Annisa ayu artanti    •    Kamis, 10 Aug 2017 12:31 WIB
nyonya meneer
Dirut Nyonya Meneer Akui Rachmat Gobel Bantu Restrukturisasi Utang
Dirut Nyonya Meneer Charles Saerang. (FOTO: MI/Sumaryanto)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemilik perusahaan jamu legendaris Nyonya Meneer yang dinyatakan pailit oleh Pengadilan Negeri (PN) Semarang beberapa waktu lalu bisa bernafas lega.

Direktur Utama Nyonya Meneer, Charles Saerang mengaku kepada Ketua Umum Gabungan Pengusaha Jamu dan Obat Tradisional, Dwi Ranny Pertiwi Zarman bahwa mantan menteri perdagangan yang juga seorang pengusaha, Rachmat Gobel telah menyelamatkan perusahaannya itu.

"Gini, saya kan tidak hadir di acara semalam (Rabu 9 Agustus). Tapi memang saya diberitahu sama Pak Charles. Secara teknisnya juga saya tidak tahu. Jadi kalau Pak Rachmat Gobel mau bantu sih bagus saja, menyelamatkan," kata Dwi ketika dihubungi wartawan, di Jakarta, Kamis 10 Agustus 2017.

Dwi menjelaskan, Rachmat Gobel bersedia membantu restrukturisasi pembayaran utang milik Nyonya Meneer. Namun, ia mengatakan restrukturisasi pembayaran utang ini bukan mengakuisisi perusahaan yang berdiri sejak 1919 ini.

"Yang tertulis di berita itu kan Pak Rachmat bukan mengakuisisi. Tapi yang saya baca ya, membantu restrukturisasi pembayaran utang. Kalau akuisisi kan ambil alih. Tapi kalau ini membantu membayar utang," jelas dia.

Karena bukan mengakuisisi, Dwi melanjutkan, manajemen Nyonya Meneer pun akan tetap dikelola oleh Charles. "Tapi manajemen tetap dikelola oleh Pak Charles," ucap dia.

Dia menyampaikan, Nyonya Meneer saat ini sedang dikejar-kejar oleh waktu terkait utang yang melilitnya.

"Tapi masalahnya ini kan kejaran waktu. Pihak pengadilan kan sudah mulai bekerja. Mereka ada tenggang waktu sampai para kreditur mendaftarkan tagihannya paling lambat kalau enggak salah 21 Agustus. Secara teknis saya belum tahu seperti apa," tutup dia.

 


(AHL)