BI Dorong Pertumbuhan Kredit Terdongkrak Naik

Eko Nordiansyah    •    Jumat, 23 Sep 2016 09:22 WIB
kredit
BI Dorong Pertumbuhan Kredit Terdongkrak Naik
Deputi Gubernur BI, Perry Warjiyo. (FOTO: MI/ MI/PANCA SYURKANI)

Metrotvnews.com, Jakarta: Bank Indonesia (BI) menyatakan telah melakukan berbagai upaya sebagai insentif untuk mendorong pertumbuhan kredit. Misalnya saja seperti menurunkan suku bunga acuan (BI 7 days reverse repo) serta menurunkan Giro Wajib Minimum (GWM).
 
"Baik penurunan suku bunga termasuk penurunan GWM, akan mendorong kredit menjadi suplai kredit perbankan maupun permintaan kredit," kata Deputi Gubernur BI, Perry Warjiyo di Gedung BI, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis (22/9/2016).
 
Dirinya menambahkan, ketersediaan likuditas bukan masalah untuk perbankan menyalurkan kredit. Bahkan pelonggaran Loan to Value (LTV) atau penurunan Down Payment (DP) bagi kredit memberikan ruang bagi bank untuk menyalurkan kredit lebih banyak.
 
"Mungkin yang masih kendala dari faktor suplai kredit adalah NPL yang naik. Sehingga bank-bank harus perhatikan risiko kredit dalam salurkan kredit. Kita ingin dorong kredit lebih lanjut dari sisi permintaan," jelas dia.
 
Selain itu, Perry meyakini jika kenaikan permintaan kredit di Indonesia akan didorong oleh tiga hal. Pertama, jika pertumbuhan ekonomi naik maka pertumbuhan kredit dipercaya akan ikut tumbuh lebih kuat.
 
Kedua, penurunan suku bunga oleh bank sentral juga akan mempengaruhi dan mendorong permintaan kredit. Ketiga adanya perbaikan kegiatan ekonomi ke depannya baik dari sisi swasta sehingga meningkatkan kegiatan ekonomi.
 
"Meski kita akui itu belum kuat. Kita ingin dorong pertumbuhan ekonomi tidak hanya turunkan suku bunga, jadi itu bisa dorong ekspektasi bsinis dan ekonomi tapi melalui penyaluran kredit perbankan. GWM turun, LTV sudah dilonggarkan. Kita harap ini bisa dorong kredit lebih lanjut dan kegiatan ekonomi ke depan," pungkas dia. (SCI)



Pascareshuffle Mau Apa? (4)

Pascareshuffle Mau Apa? (4)

1 month Ago

Republik Sentilan Sentilun malam ini bertema "Pascareshuffle Mau Apa?" menghadirkan A…

BERITA LAINNYA