Pariwisata jadi Primadona, Pemerintah Siapkan 10 Bali Baru

Suci Sedya Utami    •    Kamis, 12 Oct 2017 18:58 WIB
pariwisata indonesia
Pariwisata jadi Primadona, Pemerintah Siapkan 10 Bali Baru
Illustrasi. Terbit/SUSANTO.

Metrotvnews.com, Tangerang: Seiring dengan pertumbuhan kelas menengah di seluruh dunia, menjadikan sektor pariwisata sebagai primadona. Sebab, masyarakat kelas ini lebih memilih jalan-jalan dibandingkan dengan belanja.

Untuk mengantisipasi lonjakan peminat di sektor pariwisata Tanah Air, Pemerintah mencoba mengembangkan destinasi yang diberi nama 10 Bali baru dengan harapan akan bisa diminati seperti Bali, yang telah menjadi sebagai empat besar destinasi dunia.

"Untuk antisipasi, langkah Presiden dan Menpar membuat 10 Bali baru. Kita mau meng-copy kesuksesan Bali ke 10 destinasi ini," kata Tim Percepatan Pembangunan Destinasi Pariwisata Prioritas Kemenpar, Hiramsyah S Thaib dalam Seminar Trade, Tourism, Investment di ICE BSD, Tangerang, Kamis 12 Oktober 2017.

Hiramsyah menyebutkan 10 Bali baru yang dimaksud antara lain Danau Toba, Tanjung Kelayang, Tanjung Lesung, Kota Tua, Kepulauan Seribu, Borobudur, Bromo Tengger Sumeru, Mandalika, Labuan Bajo, dan Moratai.

Dia mengatakan, 10 Bali baru merupakan bagian untuk memperkuat destinasi pariwisata di Indonesia. Seperti diketahui hampir 90 persen wisatawan asing yang datang hanya ke Bali dan Jakarta, serta Kepulauan Riau yang merupakan perbatasan.

Sementara, kata dia, Indonesia memiliki ratusan bahkan ribuan destinasi wisata. Harapannya, lanjut Hiramsyah, dengan dimulai dari 10 destinasi prioritas ini akan berkembanh dan bisa menarik wisatawan asing lebih banyak.

Dirinya menambahkan, jika ini dikemas dan dikelola secara baik, maka bukan hanya akan mengangkat Indonesia baik secara devisa, PDB, penciptaan lapangan kerja, namun juga menciptakan kesejahteraan masyarakat.

"Diharapkan menjadi hub untuk sebaran pariwisata dan turis yang diharapkan ikut jadi lokomotif  pertumbuhan di Indonesia," jelas Hiramsyah.



(SAW)