Ingin Bangun LRT, Ada Tiga Syarat untuk Ratu Prabu

Annisa ayu artanti    •    Senin, 08 Jan 2018 20:16 WIB
lrt
Ingin Bangun LRT, Ada Tiga Syarat untuk Ratu Prabu
Light rail transit ( LRT) di kawasan Kelapa Gading. Antara/Adimaja.

Jakarta: Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengajukan tiga persyaratan kepada PT Ratu Prabu, perusahaan yang berminat membangun kereta ringan (Light Rail Transit).

Budi menyebut syarat pertama adalah Ratu Prabu membangun LRT secara bertahap di tempat-tempat yang paling ekonomis. Kedua, Budi juga meminta kesiapan pendanaan.

"Untuk Ratu Prabu, satu kalaupun mau dibangun itu lakukan secara bertahap dimulai dari tempat paling ekonomis. Kedua kita minta satu kepastian pendanaan," sebut Budi di Kantor Menko Maritim, Jalan MH THamrin, Jakarta, Senin, 8 Januari 2017.

Budi memahami Ratu Prabu bukan lah perusahaan murni transportasi, maka syarat ketiga yang diberikan adalah mengharuskan Ratu Prabu berkolaborasi dengan perusahaan lain. Seperti diketahui, Ratu Prabu adalah perusahaan yang bergerak dibidang energi.

"Ketiga Ratu Prabu karena bukan perusahaan transportasi dia harus kolaborasi dengan pihak yang memang menangani itu," kata Budi.

Namun di sisi lain Budi mengaku senang ada perusahaan swasta yang berminat menggarap program infrastruktur strategis. Ia pun membuka kesempatan besar bagi perusahaan swasta untuk menggarapnya.

"Begini lah kalau namanya infrastruktur, kaitan swasta pasti pemerintah memberikan privilege memberikan kemungkinan mereka untuk investasi, karena satu butuh dana swasta, kedua ingin membangkitkan swasta," jelas Budi.


(SAW)


Solusi Rangkap Jabatan BP Batam Dinilai Melanggar UU

Solusi Rangkap Jabatan BP Batam Dinilai Melanggar UU

4 hours Ago

Keputusan pemerintah melebur BP Batam ke Pemerintah Kota Batam mendapat respons dan tanggapan b…

BERITA LAINNYA