Hampir Rampung

Bandara Kertajati Bisa Digunakan untuk Keberangkatan Haji

Eko Nordiansyah    •    Rabu, 10 Jan 2018 06:48 WIB
bandarakementerian perhubungan
Bandara Kertajati Bisa Digunakan untuk Keberangkatan Haji
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)

Jakarta: Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan memastikan Bandar Udara Internasional Jawa Barat (BIJB) di Kecamatan Kertajati, Kabupaten Majalengka sudah hampir rampung. Rencananya bandara ini akan digunakan untuk keberangkatan haji jemaah dari Jawa Barat tahun ini.

"Penyelesaian terminal sudah 86 persen mungkin sekarang hampir 90 persen. Dan bisa mengangkut haji pada Juni tahun ini," kata dia, di Kantor Kemenko Kemaritiman, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Selasa, 9 Januari 2018.

Dirinya menambahkan, saat ini tengah ada proses perpanjangan landasan pacu (runway) dari 2.500 meter menjadi 3.000 meter. Selain itu, runway juga akan diperlebar lagi sehingga bisa menampung pesawat dengan jenis yang lebih besar.

"Sekarang masih runway supaya kita kejar 3.000 meter, sekarang 2.500 meter sudah selesai dengan lebar 60 meter dan nanti jadi airport pertama mengakomodasi Airbus A380," jelas dia.

Dengan adanya bandara ini maka keberangkatan jemaah haji tidak terfokus di Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Terlebih lagi intensitas penerbangan di Soekarno-Hatta sudah cukup padat, sementara Bandara Halim Perdanakusuma tidak cukup memadai.

Rencananya Bandara Kertajati akan melayani 14 rute penerbangan, terdiri dari 10 rute penerbangan domestik dan empat rute penerbangan internasional. Selain melayani penerbangan ke Arab Saudi untuk umrah dan haji, akan dibuka rute Singapura, Kuala Lumpur, Malaysia dan Bangkok, Thailand.

Sedangkan untuk rute domestik akan menuju kota-kota besar di antaranya, Medan, Bali, dan Surabaya. Sementara saat ini beberapa maskapai penerbangan yang sudah berkomitmen untuk membuka rute ‎penerbangan di Bandara Kertajati adalah Citilink, Qatar Airlines, Sriwijaya.


(ABD)


Perpres DNI Rampung Pekan Depan

Perpres DNI Rampung Pekan Depan

1 week Ago

Pemerintah mempercepat penyelesaian rancangan per-aturan presiden (Perpres) mengenai Daftar Neg…

BERITA LAINNYA