Trik Meningkatkan Produktivitas di Tempat Kerja

   •    Selasa, 21 Nov 2017 14:00 WIB
tips karier
Trik Meningkatkan Produktivitas di Tempat Kerja
Ilustrasi. (Shutterstock)

Jakarta: Berkas menumpuk, panggilan datang bertubi-tubi, dan beragam hal harus diselesaikan saat itu juga tak jarang membuat seorang pekerja merasa harinya penuh dengan tekanan. Barang kali beberapa dari mereka berpikir bagaimana mengakhiri 'penderitaan' itu atau paling tidak adakah cara untuk membangun hari agar sedikit lebih produktif dari biasanya.

Manajer Senior Pemasaran dan PR LinkedIn Timur Tengah dan Afrika Utara Nada Enan pun membagikan sedikit trik untuk membuat diri Anda lebih produktif saat bekerja.

"Ketika menyangkut produktivitas kita semua menghadapi tantangan yang sama; begitu banyak tugas yang harus diselesaikan," katanya, melansir Gulfnews, Selasa 21 November 2017.

Nada mengatakan hal pertama yang tidak boleh dilakukan ketika ingin lebih produktif di tempat kerja adalah tidak mengerjakan beberapa hal dalam satu waktu atau yang disebut multitasking.

Dalam beberapa hal mungkin multitasking menjadi pilihan untuk segera menyelesaikan pekerjaan; tugas rumah tangga misalnya, tetapi hal ini tidak berlaku jika Kita ingin lebih produktif.

"Beberapa orang mungkin bangga bisa multitasking tapi ini bisa menjadi pembunuh produktivitas Anda," katanya.

Menurut Nada, penelitian yang dilakukan di Stanford University menemukan fakta bahwa multitasking adalah penghambat produktivitas ketimbang hanya melakukan satu hal dalam satu waktu.

Peneliti menemukan bahwa orang-orang yang secara teratur dibombardir dengan sejumlah informasi dan beralih dari satu pekerjaan ke pekerjaan lainnya pada satu waktu justru tak efektif dan membuat pekerjaan lain terbengkalai.

Kedua, jangan menggunakan headphone hanya agar tidak ada yang mengganggu Anda. Penelitian yang dirilis oleh LinkedIn bersama Censuwide menemukan banyak orang berpikir bahwa mendengarkan musik di tempat kerja membantu mereka lebih baik dalam pekerjaan.

Hanya 48 persen pekerja yang menyebut mendengarkan musik sambil bekerja membantu berkonsentrasi dan tetap fokus sementara sisanya membantah bahwa mendengarkan musik dapat meringankan pekerjaan mereka.

Ketiga, banyak pekerja tak mampu berkata tidak ketika mendapatkan perintah. Hal ini juga ternyata berlaku dalam kehidupan sehari-hari. Nada menyebut semua orang seperti 'diprogram' untuk selalu berkaya 'ya', tapi apakah jawaban 'ya' itu menghindarkan Anda dari stres? ternyata tidak.

Nada mengatakan penelitian yang dilakukan di Universitas California, San Francisco, menemukan bahwa semakin sulit Anda mengatakan tidak, semakin besar kemungkinan Anda mengalami stres, kelelahan, bahkan depresi.

"Belajarlah untuk tidak lagi menggunakan kata 'ya', itu akan meningkatkan suasana hati dan produktivitas Anda," katanya.

Hal terakhir untuk membuat diri Anda lebih produktif di tempat kerja adalah persiapkan diri untuk esok hari sebelum Anda meninggalkan pekerjaan hari ini.

Tindakan ini membantu Anda menyelesaikan dua hal; membantu memperkuat apa yang telah Anda capai hari ini dan memastikan Anda sudah punya energi untuk mempersiapkan hari esok yang lebih produktif.

"Hanya butuh waktu beberapa menit dan ini cara yang bagus untuk mengakhiri pekerjaan Anda hari ini. Agar ketika Anda pulang, Anda bisa menikmati apa yang akan Anda lakukan di luar kantor," jelasnya.




(MEL)

The Fed Naikkan Suku Bunga AS

The Fed Naikkan Suku Bunga AS

2 days Ago

Federal Reserve AS atau bank sentral AS pada akhir pertemuan kebijakan dua harinya pada Rabu wa…

BERITA LAINNYA