Upaya Industri CPO Kurangi Gas Rumah Kaca

   •    Senin, 24 Mar 2014 17:52 WIB
Upaya Industri CPO Kurangi Gas Rumah Kaca

Metrotvnews.com, Jakarta: Berbagai proses sertifikasi untuk mencapai industri kelapa sawit berkelanjutan gencar dilakukan Indonesian Sustainable Palm Oil (ISPO) dan Roundtable Sustainable Palm Oil (RSPO). Salah satu yang menjadi sorotan saat ini ialah pengurangan emisi gas rumah kaca atau green house gasses (GHG).

GHG berada di atmosfer dan menyebabkan efek rumah kaca berupa proses kimia yang menyebabkan terjadinya pemanasan langit. Perkebunan kelapa sawit merupakan salah satu industri perkebunan selain perkebunan bunga matahari, rapeseed, dan padi yang menghasilkan GHG. Gas rumah kaca terbentuk dari penggunaan pupuk dan pestisida serta proses dari buah menjadi CPO dan penggunaan turbin yang dipanasi dengan energi dari cangkang dan serat.

Workshop yang baru-baru ini diadakah ISPO di hotel Grand Melia Jakarta dihadiri hampir seluruh perusahaan perkebunan di Indonesia, seperti Astra Agro, Minamas, Bumitama Gunajaya Agro (BGA), Golden Agri Resource (GAR), Sinarmas, dan Wilmar. Kegiatan yang memfokuskan pada perhitungan efek GHG yang dihasilkan perkebunan sawit masing-masing perusahaan ini diisi juga dengan pemaparan beberapa ahli dalam bidang kelapa sawit, terutama dalam pengurangan emisi gas rumah kaca.

Ketua Pelaksana Harian Komisi Indonesian Sustainable Palm Oil (ISPO) Rosediana Suharto memaparkan mengenai emisi gas rumah kaca di perkebunan kelapa sawit. Bill Meade dari USAID ICED menyampaikan mengenai pengurangan emisi gas rumah kaca pada limbah minyak sawit dari produksi CPO dengan menerapkan methane capture.

Keseriusan ISPO melakukan workshop itu disambut baik Francisca Damanik selaku Group Department Head Sustainability and Corporate Communication Bumitama. "Kami sangat senang ISPO melakukan workshop ini karena sangat bermanfaat untuk perkembangan sustainable palm oil yang banyak manfaat bagi dunia. Bumitama sangat berkomitmen untuk melakukan best management practices dalam mengurangi emisi gas rumah kaca," tuturnya.
 
(WAS)


Merpati akan Lunasi Utang Usai Maskapai Beroperasi

Merpati akan Lunasi Utang Usai Maskapai Beroperasi

1 day Ago

Merpati Nusantara Airlines berjanji akan melunasi utang dan pesangon mantan karyawannya. Janji …

BERITA LAINNYA