Regasifikasi Arun Dapat Pasokan dari Medco & Exxon

   •    Kamis, 28 Aug 2014 18:13 WIB
bumn
Regasifikasi Arun Dapat Pasokan dari Medco & Exxon
Pembangunan proyek pipa gas Arun -- ANTARA FOTO/Dhoni Setiawan

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri BUMN Dahlan Iskan meminta Bupati Aceh Timur dan kepala daerah lainnya proaktif mengundang investor untuk membangun industri di Aceh.

"Investor ini dipastikan akan mendapat alokasi gas untuk menggerakkan roda industri di Aceh dan Sumatera Utara (Sumut)," tukas Dahlan, dalam keterangannya di Jakarta, Kamis (28/8/2014).

Oleh karena itu, PT Pertamina Gas (Pertagas) akan mempermudah kalangan industri untuk mengakses gas dari pipa Arun-Belawan. Di setiap daerah yang dilewati jaringan pipa disediakan pintu-pintu untuk memudahkan pasokan gas bagi investor yang akan membangun perusahaan di area tersebut.

Bahkan, melalui jaringan tersebut, wilayah terdekat yang dilewati pipa Arbel dapat membangun SPBG untuk memenuhi kebutuhan gas bagi transportasi.

Kilang regasifikasi Arun juga demikian, sesuai jadwal akan segera on stream awal 2015. Rencananya untuk keperluan tahap uji coba, regasifikasi Arun akan memanfaatkan pasokan gas dari Medco dan Exxon yang memiliki blok gas di wilayah Aceh. Tahap uji coba, rencananya pasokan akan dimanfaatkan oleh PT Kertas Kraft Aceh (KKA) untuk mengoperasikan kembali pembangkit listrik di sana.

"Pembangkit listrik PT KKA dapat menjual ke PLN Aceh, sehingga nantinya karyawan KKA dapat bekerja kembali, begitu juga halnya PT Arun yang akan hidup kembali dengan berubah sifat," pungkas Dahlan.


(AHL)