Jalan Tol Kertosono-Mojokerto Diresmikan

Ade Hapsari Lestarini    •    Selasa, 14 Oct 2014 09:38 WIB
jalan tol
Jalan Tol Kertosono-Mojokerto Diresmikan
Menteri PU meresmikan jalan tol Kertosono-Mojokerto -- Foto: dokumentasi pribadi

Metrotvnews.com, Jakarta: Jalan tol Kertosono-Mojokerto Seksi 1 mulai diresmikan. Jalan tol ini merupakan bagian dari proyek nasional tol Trans Jawa dan menjadi ruas terpanjang di Jawa Timur dengan total jarak sepanjang 40,5 kilometer (km).

Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto meresmikan jalan tol seksi 1 sepanjang 14,7 km yang diharapkan bisa menjadi solusi bagi kepadatan lalu lintas di sekitar Jombang, khususnya dari arah Kertosono ke Ploso dan sebaliknya dari Jombang ke Kertosono.

Momentum ini menjadi tanda kesiapan beroperasinya ruas tol yang menghubungkan Bandarkedungmulyo-Jombang. Adapun gerbang sisi barat disebut Gerbang Bandar, berada di Kecamatan Bandarkedungmulyo. Sedangkan gerbang sisi timur disebut Gerbang Jombang yang terletak di Tembelang.

"Kami memiliki target untuk bisa mengoperasikan seksi 1 ini sebelum akhir 2014. Target tersebut akhirnya terpenuhi berkat dukungan banyak pihak, baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah dan warga Jombang," kata Presiden Direktur PT Marga Harjaya Infrastruktur (MHI), Wiwiek D. Santoso, dalam siaran persnya, Selasa (14/10/2014).

Menurut dia, desain gerbang dan kantornya dibuat dengan memperhatikan budaya setempat namun dalam nuansa modern. Sirip-sirip pada atap menyerupai susunan batu pada candi-candi di Jawa Timur.

"Desain gerbang yang didominasi warna biru dan oranye ini terkesan modern. Demikian kantornya yang dirancang dengan sangat detil termasuk peralatan dan alur aktivitas orang-orang yang bekerja di sana," tambah dia.

MHI sebagai badan usaha jalan tol pemegang hak konsesi ruas tol ini merupakan bagian dari Grup Astra melalui PT Astratel Nusantara, anak usaha di bidang infrastruktur dan logistik.

Ruas tol ini seluruhnya dibangung dengan perkerasan beton baik lajur utama maupun bahu jalannya. Ke depannya, ruas tol ini akan menjadi tiga lajur, sehingga di sebagian besar seksi ini median jalannya sangat lebar.

Adapun pada ruas tol ini terdapat satu buah jembatan penyebrangan dan 25 buah terowongan untuk menghubungan desa-desa sekitar jalan tol. Karena baru seksi 1 yang dioperasikan, maka semua pengguna jalan akan melakukan transaksi pembayaran tol di Gerbang Jombang.

Sementara itu, tarif masing-masing golongan kendaraan seksi 1 tersebut yakni, Golongan I Rp10.000, Golongan II Rp15.500, Golongan III Rp20.500, Golongan IV Rp20.500, dan Golongan V Rp30.500.


(AHL)


Merpati akan Lunasi Utang Usai Maskapai Beroperasi

Merpati akan Lunasi Utang Usai Maskapai Beroperasi

1 day Ago

Merpati Nusantara Airlines berjanji akan melunasi utang dan pesangon mantan karyawannya. Janji …

BERITA LAINNYA