Siapakah Basuki Hadimuljono, Si Menteri PU dan Perumahan Rakyat?

Dian Ihsan Siregar    •    Minggu, 26 Oct 2014 19:11 WIB
kabinet jokowi-jk
Siapakah Basuki Hadimuljono, Si Menteri PU dan Perumahan Rakyat?
Menteri PU dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono (berbaju putih). ANTARA/Budi Santoso

Metrotvnews.com, Jakarta: Basuki Hadimuljono lahir pada 5 November 1954 di Surakarta. Dia merupakan pejabat karir di Kementerian Pekerjaan Umum (PU). Presiden-Wakil Presiden Joko Widodo (Jokowi)-Jusuf Kalla (JK) telah memilihnya untuk mengisi posisi Menteri Pekerjaan Umum (PU) dan Perumahan Rakyat untuk periode lima tahun kedepan.
 
Mengutip laman wika.co.id, Minggu (26/10/2014), selain menjabat sebagai Direktur Jenderal (Dirjen) Penataan Ruang Kementerian PU, saat ini Basuki juga tercatat sebagai Komisaris Utama di PT Wijaya Karya (Persero) Tbk (WIKA).
 
Posisi komisaris utama yang dijabatnya di WIKA telah dijalaninya sejak 1 Mei 2012 sampai dengan saat ini. Setelah WIKA melakukan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Tahunan Tahun Buku 2011 yang dilaksanakan pada 1 Mei 2012.
 
Basuki meraih gelar Sarjana Teknik Geologi dari Universitas Gajah Mada (UGM), Yogyakarta. Setelah itu dia mendapatkan  gelar Magister (S2) dan Doktor (S3) Teknik Sipil dari Colorado State University.
 
Jenjang karir yang  pernah dijalaninya sebelum meraih posisi Dirjen Penataan Ruang Kementerian PU, antara lain pernah menjabat sebagai Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pekerjaan Umum pada periode 2005–2007.
 
Dia juga pernah mendapat kepercayaan sebagai Inspektur Jenderal Kementerian Pekerjaan Umum pada periode 2007–2013. Dari rekam jejak kariernya tersebut terlihat kegigihan, integritas, kerja keras dan tanggung jawabnya selama bekerja.


(WID)