Pengamat: Posisi Dirut Pertamina Bisa Hanya Jadi Eksekutor

Ade Hapsari Lestarini    •    Sabtu, 29 Nov 2014 16:45 WIB
pertamina
Pengamat: Posisi Dirut Pertamina Bisa Hanya Jadi Eksekutor
Dirut Pertamina Dwi Soetjipto -- MI/PANCA SYURKANI

Metrotvnews.com, Jakarta: Dwi Soetjipto resmi menjadi Direktur Utama (Dirut) PT Pertamina (Persero). Berbagai tantangan pun akan dihadapinya selama memimpin perusahaan migas pelat merah tersebut.

Kendati tidak memahami sektor migas, Dwi diharapkan bisa meningkatkan Pertamina di masa depan serta lepas dari intervensi yang bersifat merugikan negara. Hal tersebut sempat dilontarkan Pengamat Energi, Marwan Batubara.

Namun demikian, tidak dengan Direktur Eksekutif Energy Watch Indonesia (EWI), Ferdinand Hutahaean. Dia menilai penunjukkan Dwi Soetjipto menjadi Direktur Utama Pertamina tidak tepat dan terkesan dipaksakan.

"Kami sangat kecewa, karena ketidakpahaman Dwi Soetjipto tentang seluk beluk migas," kata Ferdinand Hutahaean, dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu (29/11/2014).‎

Ketidapahaman Dwi tentang energi secara makro dikarenakan Dwi tidak punya latar belakang sama sekali di bidang migas. Sehingga menambah keyakinan bahwa Dwi hanya akan dijadikan sebagai eksekutor dari kebijakan orang di belakangnya.

"Tipikal Dwi bukan tipikal orang yang berani melawan mafia. Inilah yang membuat kami ragu dengan sosok yang satu ini. Tapi kami akan berdiri paling depan untuk mengkritisi kebijakannya," tegasnya.

Sebelumnya, Menteri BUMN Rini Soemarno mengatakan pemilihan pemimpin Pertamina telah ditetapkan oleh Ketua Tim Penilai Akhir (TPA) Joko Widodo.

"Putra terbaik Indonesia untuk memimpin Pertamina adalah Bapak Dwi Soetjipto. Saya yakin Pak Dwi Soetjipto mampu mengemban tugasnya dengan baik," ujar Rini di kantor Kementerian BUMN, Jumat, 28 November 2014.

Menurut Rini, pihaknya akan mendorong Dwi Soetjipto dalam melakukan efisiensi untuk manajemennya. Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said pun menegaskan bahwa pemilihan Direktur Utama (dirut) baru PT Pertamina (Persero) terbebas dari kepentingan sekelompok pihak. Bahkan Sudirman meyakinkan bahwa dirut baru bukan titipan dari pihak tertentu.


(AHL)

The Fed Naikkan Suku Bunga AS

The Fed Naikkan Suku Bunga AS

1 day Ago

Federal Reserve AS atau bank sentral AS pada akhir pertemuan kebijakan dua harinya pada Rabu wa…

BERITA LAINNYA