Purnomo Prawiro, 'Orang Kaya Baru' Forbes yang Taksinya Dinaiki Obama

Ade Hapsari Lestarini    •    Kamis, 04 Dec 2014 14:50 WIB
orang terkaya
Purnomo Prawiro, 'Orang Kaya Baru' Forbes yang Taksinya Dinaiki Obama
Purnomo Prawiro, bos Blue Bird -- FOTO: MI/Adam Dwi

Metrotvnews.com, Jakarta: Forbes kembali merilis daftar orang-orang terkaya di Indonesia. Kekayaan memang tak bisa diprediksi, namun bisa dipertahankan. Keluar, masuk, menjadi orang yang pertama kali masuk dalam jajaran orang terkaya pun sudah hal biasa.

Tahun ini, ada satu nama yang muncul untuk pertama kalinya dalam jajaran daftar orang terkaya di Indonesia versi majalah Forbes. Demikian seperti dikutip Metrotvnews, Kamis (4/12/2014).

Dia adalah Purnomo Prawiro. Bisnisnya di bidang jasa transportasi membuat namanya melesat ke posisi 25 dari 50 orang terkaya yang didaftarkan Forbes. Siapa yang tak mengenal Blue Bird, taksi paling sibuk di Jakarta. November 2014 lalu, taksi biru ini baru saja melepas sahamnya (IPO) ke publik setelah lama ditunggu-tunggu oleh pasar.

Kekayaan Purnomo senilai USD1,3 miliar atau setara Rp16 triliun ini bukan didapat begitu saja dari langit. Purnomo bekerja bersama ibu dan saudaranya yang telah tiada, mulai membangun taksi Blue Bird taksi pada 1972. Ketika itu, dirinya hanya memiliki 25 mobil saja.

Adapun jalan Blue Bird untuk menuju IPO pada November lalu bukan tanpa halangan, mulai dari beberapa kerabat yang bersengketa terhadap rencana tersebut, sampai pasar saham diIndonesia yang kurang merespons rencana IPO-nya.

Saat menawarkan sahamnya di lantai bursa, Blue Bird menghimpun dana dari penawaran umum saham perdana mencapai Rp2,447 triliun. Kinerja positif pun tercermin dari pendapatan bersih Blue Bird yang meningkat menjadi Rp3,921 miliar per 31 Desember 2013, dari Rp2,564 miliar per 31 Desember 2011 dengan Compound Annual Growth Rate (CAGR) sebesar 23,7 persen.

Sekarang, Purnomo telah memiliki sekitar 22 ribu armada, menjadikannya mempunyai perusahaan taksi terbesar di negara itu. Uniknya, ketika Presiden Obama berkunjung ke Jakarta pada 2010, Pemerintah AS menggunakan Blue Bird untuk mengangkut rombongannya.

Blue Bird kini dijalankan oleh putrinya, Noni Purnomo, akan mencoba untuk menawarkan pengemudinya dengan memberikan pinjaman untuk rumah, menawarkan layanan kesehatan gratis di klinik, sampai membuat asrama bagi supir taksi yang lelah.


(AHL)