Prestasi Terakhir Emirsyah Satar di Garuda Indonesia

Patricia Vicka    •    Jumat, 12 Dec 2014 10:44 WIB
garuda indonesia
Prestasi Terakhir Emirsyah Satar di Garuda Indonesia
Dirut PT Garuda Indonesia (Persero) Emirsyah Satar. ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Metrotvnews.com, Jakarta: Diakhir kepemimpinannya, Direktur Utama Garuda Indonesia, Emirsyah Satar berhasil membawa Garuda Indonesia mendapat penghargaan sebagai maskapai bintang lima (5-Star Airlines).

Penghargaan ini diberikan oleh Skytrax, lembaga pemeringkat penerbangan independen di London pada Kamis (11/12/2014) siang waktu setempat.

Emirsyah mengucapkan terima kasih kepada dukungan semua pihak dan pengguna jasa sehingga Garuda Indonesia meraih predikat prestisius ini. "Pedikat ini menjadi salah satu milestone penting bagi perusahaan karena merupakan bentuk pengakuan dunia terhadap transformasi dan berbagai peningkatan yang dilakukan Garuda Indonesia. Prestasi ini juga merupakan wujud dari komitmen serta hasil kerja keras seluruh karyawan Garuda Indonesia," ujar Emirsyah dalam keterangan pers di Jakarta, Jumat (12/12/2014).

Predikat tersebut merupakan persembahan terakhir manajemen kepada negara, menjelang dilaksanakannya Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) Garuda Indonesia pada hari ini.

Sejak bergabung menjadi salah satu anggota aliansi global SkyTeam pada bulan Maret 2014 lalu, Garuda Indonesia bersama dengan 19 anggota SkyTeam yang lain melayani penerbangan ke 1,052 kota tujuan di 177 negara, dengan total penerbangan mencapai 16,323 penerbangan setiap hari.

Berikut sederet prestasi lainnya yang pernah didapat Garuda dibawah kepemimpinan Emirsyah Satar.

1. Garuda Indonesia dinobatkan sebagai maskapai bintang empat dan terpilih sebagai "The World's Most Improved Airline" dari lembaga pemeringkat airline yang berbasis di London, Skytrax dan "Airline Turn Around of The Year" dari Centre for Asia Pacific Airlines (CAPA), institusi independen yang menganalisa maskapai dan industri penerbangan yang berkedudukan di Sydney, Australia pada tahun 2010 .

2. Garuda Indonesia ditetapkan sebagai "The Best International Airline" oleh lembaga riset Roy Morgan di Australia, serta "The World's Best Regional Airline" dan “The Best Regional Airline in Asia” oleh Skytrax, dalam ajang pameran kedirgantaraan “Farnborough Air Show” pada tahun 2012 .

3. Garuda Indonesia juga memperoleh penghargaan “The World’s Best Economy Class” dan masuk dalam jajaran “The World’s Top 10 Airlines” dalam pameran kedirgantaraan “Paris Air Show” pada Juni 2013 lalu .

4. Garuda Indonesia kembali berhasil dinobatkan sebagai airline dengan “The World’s Best Cabin Crew 2014” dari Skytrax, mengalahkan nominator lainnya, yaitu Singapore Airlines dan Cathay Pacific Airways dalam ajang pameran kedirgantaraan “Farnborough Airshow” di Inggris pada 15 Juli 2014.

5. Garuda Indonesia pada tahun 2014 juga masuk dalam jajaran “The World’s Top 10 Airlines” dan menduduki peringkat ke-7, naik dari peringkat ke-8 di tahun sebelumnya.

6. Garuda Indonesia juga dinobatkan sebagai “Airline Terbaik di Kawasan Asia dan Australasia” (“Best in Region: Asia and Australasia”) selama dua tahun berturut-turut (2013 dan 2014) oleh “Airline Passenger Experience Association (APEX)”, asosiasi peningkatan layanan penerbangan yang berkedudukan di New York, pada acara “Passenger Choice Award 2013” dan “Passenger Choice Award 2014” di Anaheim, California, Amerika Serikat.


(WID)