Jokowi Sebut Kabupaten di Merauke Bisa Hasilkan 105 Juta Ton Beras

Mufti Sholih    •    Senin, 25 May 2015 13:01 WIB
beras
Jokowi Sebut Kabupaten di Merauke Bisa Hasilkan 105 Juta Ton Beras
Ilustrasi beras -- ANTARA FOTO/Dedhez Anggara

Metrotvnews.com, Jakarta: Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut Indonesia bisa menjalankan ketahanan pangan untuk mencukupi kebutuhan pangan dalam negeri. Pasalnya, banyak lahan yang belum dimanfaatkan untuk pertanian.

"Di negara ini banyak lahan yang belum dimanfaatkan. Contohnya di Merauke itu ada lahan 4,6 juta hektare (ha)," kata Jokowi saat memberikan kata sambutan dalam pembukaan Musyawarah Nasional VII Gabungan Pengusaha Jamu dan Obat Tradisional Indonesia (GP Jamu), di Istana Negara, Jakarta Pusat, Senin (25/5/2015).

Menurut Jokowi, sudah ada lima ribu ha yang ditanami padi dan dinilai cocok. Dalam satu ha, kata dia, lahan tersebut bisa menghasilkan delapan ton hasil pertanian.

"Kalau delapan ton kali 4,6 juta ha, berapa sekali panen? Hampir 35 juta ton, kalau dua kali panen bisa 70 juta ton, dan tiga kali panen berapa? 105 juta ton. Dan itu baru dari satu kabupaten," sebut Jokowi.

Dalam hal ini, kata dia, perlu backup dan keputusan dari pemerintah. Backup yang dimaksud adalah pembangunan infrastruktur berupa jalan dan pelabuhan.

"Nah itu tugas pemerintah. Kasih tahu. Itu bukan sesuatu yang sulit dilaksanakan oleh pemerintah, tapi golnya apa? Tujuan apa?" imbuh Jokowi.


(AHL)