OJK: Uangteman.com Rentenir Berkedok Teknologi

Eko Nordiansyah    •    Sabtu, 25 Jul 2015 10:19 WIB
ojk
OJK: Uangteman.com Rentenir Berkedok Teknologi
Ilustrasi -- MI/PANCA SYURKANI

Metrotvnews.com, Jakarta: Kepala Eksekutif Pengawas Industri Keuangan Non Bank (IKNB) Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Firdaus Djaelani mengatakan pemberi pinjaman di situs uangteman.com adalah jenis rentenir baru yang menfaatkan kemajuan teknologi.

"Sebetulnya itu jenis rentenir yang menggunakan teknologi. Mereka manfaatkan kecanggihan teknologi enggak lagi cuma nunggu di rumah," ujar dia di Kantor OJK Gedung Soemitro, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Jumat, 24 Juli 2015.

Apalagi, menurut dia, jasa keuangan pinjaman mikro tersebut memberikan pinjaman maskimal Rp2 juta dengan bunga satu persen per hari atau 30 persen per bulan dan dinilai memiliki bunga yang terlalu tinggi.

Dia menambahkan, apabila masyarakat memang membutuhkan dana bisa mendatangi perusahaan pembiayaan. Ataupun jika membutuhkan dana yang lebih cepat maka bisa mendatangi perusahaan Pegadaian resmi.

"Pegadaian dalam berikan pinjaman kalau motor, emas, limas belas menit cair. Surat-surat butuh waktu satu jam butuh proses assesment. Lebih cepat dari perusahaan pembiayaan," jelas dia.

Namun demikian, Firdaus meminta agar masyarakat juga tetap mewaspadai perusahaan pengadaian swasta. Sebab menurut dia, masih banyak juga pengadaian yang sebenarnya tidak memikiki izin resmi beroperasi.


(AHL)

The Fed Naikkan Suku Bunga AS

The Fed Naikkan Suku Bunga AS

2 days Ago

Federal Reserve AS atau bank sentral AS pada akhir pertemuan kebijakan dua harinya pada Rabu wa…

BERITA LAINNYA