BRI Luncurkan 'Teras Kapal'

Eko Nordiansyah    •    Selasa, 04 Aug 2015 12:55 WIB
bri
BRI Luncurkan 'Teras Kapal'
Kapal Bahtera Seva I Teras BRI (Foto: MTVN/Eko Nordiansyah)

Metrotvnews.com, Jakarta: PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) meresmikan "Teras BRI Kapal" sebagai layanan kegiatan perbankan di atas kapal untuk masyarakat pesisir Kepulauan Seribu, DKI Jakarta. Hal ini dilakukan untuk menjangkau masyarakat pesisir kepulauan yang selama ini belum dapat menikmati layanan perbankan.

Peluncuran yang dilakukan di Pelabuhan Kaliadem, Muara Karang, dihadiri oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Menteri Koordinator bidang Kemaritiman, dan Menteri BUMN. Selain itu, hadir pula Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo serta Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Muliaman D Hadad.

"Peluncuran Teras BRI Kapal merupakan upaya BRI untuk menjembatani kesulitan akses yang dialami masyarakat daerah terpencil, khususnya di wilayah pesisir kepulauan, yang mengakibatkan mereka tidak terjangkau layanan perbankan atau bahkan ada yang belum mengenal produk perbankan," ujar Direktur Utama BRI Asmawi Syam, saat peluncuran layanan, di Muara Karang, Jakarta Utara, Selasa (4/8/2015).

Tahap awal, BRI akan mengoperasikan layanan "Teras BRI Kapal" dengan menggunakan kapal Bahtera Seva I yang akan mendatangi lima titik singgah melayani enam pulau, yaitu Pulau Pramuka, Pulau Tidung, Pulau Kelapa, Pulau Untung Jawa, Pulau Harapan dan Pulau Panggang di wilayah Kepulauan Seribu.

"Layanan ini sama dengan kantor cabang BRI lainnya yang dapat melayani produk simpanan dan pinjaman hingga pembayaran. Selain itu, yang istimewa "Teras BRI Kapal" juga menyediakan satu unit ATM di atas kapal yang berfungsi 24 jam secara online," pungkas dia.


(ABD)