Blok Masela Harus Sejahterakan Rakyat Maluku

Eko Nordiansyah    •    Rabu, 14 Oct 2015 09:03 WIB
kemenko maritim adsblok masela
Blok Masela Harus Sejahterakan Rakyat Maluku
Menko bidang Kemaritiman Rizal Ramli. FOTO: MI/ROMMY PUJIANTO

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Koordinator (Menko) bidang Kemaritiman Rizal Ramli menginginkan, blok Masela harus dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk kesejahteraan rakyat Indonesia, khususnya rakyat Maluku.

"Kita akan bikin oleochemical di situ, pabrik pupuk sehingga Indonesia Timur, Maluku hidup. Cita-cita Jokowi untuk ada poros maritim, hidup," ujarnya usai rapat dengan Badan Anggaran DPR di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa, 13 Oktober.

Dirinya menambahkan, rakyat Maluku saat ini sangat marah karena setelah kemerdekaan Maluku adalah daerah nomor tiga paling miskin dan pendidikan nomor empat paling rendah. Padahal, dulu Maluku merupakan pencetak profesor dan doktor dengan ekonomi paling maju.

Oleh karena itu, Rizal menolak rencana pabrik gas di blok Masela dibangun di tengah laut karena akan memudahkan eksportir mengambil gas di sana tanpa memberikan manfaat lebih bagi masyarakat sekitarnya.

Selain itu, Rizal juga menginginkan blok Masela bisa bekerja sama dengan Sunrise Field, ladang gas milik Timor Leste yang letaknya berdekatan. Bahkan kerja sama tersebut diklaim akan menandingi kekayaan gas yang dimiliki oleh Qatar.

"Peluang kesempatan emas nasib tiga juta orang Maluku enggak bisa diperbaiki. Kalau dikelola lebih cerdas belajar dari masa lalu, diambil diekspor, dibiayai, cost recovery terserah pabrik mau di laut dan di darat dibiayai dari negara," pungkasnya.




(AHL)